Rina Polapa Ajak Generasi Muda Berperan Membangun Desa

Rina Polapa

READ.ID – Ketua Komisi 1 DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rina Polapa mengajak generasi muda desa untuk mengambil peran dalam pelaksanaan pembangunan desa melalui inovasi-inovasi yang dimiliki.

Menurut Rina, sebenarnya banyak potensi yang bisa digali dari desa, hanya saja potensi tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal terutama untuk kepentingan kemajuan pembangunan ataupun dalam menopang pendapatan asli desa (PADes).

“Kalau ini dimanfaatkan dengan maksimal, maka desa-desa yang di Gorontalo Utara perlahan namun pasti akan menuju satu kemajuan sesuai harapan bersama,” ujar Rina.

Rina mengatakan, jika memang dari pemerintah desa belum dapat kesempatan untuk meningkatkan inovasi di desa, maka generasi muda di desa harus ikut berpartisipasi aktif dalam mendorong pembangunan dan kemajuan desa itu sendiri.

“Pemuda desa mungkin yang tergabung dalam karang taruna dan juga ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dapat memprakarsai ini secara bersama-sama” jelasnya.

Rina menuturkan, sudah ada beberapa contoh desa di Gorontalo Utara yang mampu mengembangkan pemberdayaan potensi desa yang kebanyakan saat ini diarahkan di sektor pariwisata

“Hal-hal seperti ini ketika mampu dikelola dan diatur dengan baik, bukan tidak mungkin akan membawa dampak positif bagi masyarakat desa,” terang Rina.

Olehnya, Rina berharap kedepan, dengan adanya inovasi dan peran dari semua pihak dalam pelaksanaan pembangunan desa, maka desa yang ada di Gorontalo Utara akan semakin berkembang.