Tanggal31/05/2020

RS Ainun Habibie Akan Operasi 50 Penderita Katarak Secara Gratis

READ.ID,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hasri Ainun Habibie akan kembali melakukan operasi secara gratis bagi penderita katarak. Sebanyak 50 pasien katarak dari seluruh provinsi Gorontalo rencananya akan di operasi Sabtu akhir pekan ini.

Jumlah Terpapar Covid-19 Di Gorontalo
POSITIF
69 +1
DIRAWAT
41
SEMBUH
25
MENINGGAL
3
Sumber data : Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Update terakhir : 30 Mei 2020 16:00 WITA

Direktur RSUD Hasri Ainun Habibie dr. Yana Yanti Suleman mengatakan, Sabtu (13/9) akhir pekan ini RS Ainun Habibie akan melaksanakan operasi gratis bagi 50 pasien penderita katarak.

“Operasi katarak gratis ini sebagai bentuk komitmen kami dalam menjalankan program unggulan pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah kepemimpinan Gubenrur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim. Kami rutin menggelar operasi katarak gratis,” ujar dr. Yana.

Ia juga menambahkan bahwa pasien operasi katarak gratis ini berasal dari kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo. Para pasien ini pun sudah dipastikan akan menjalani operasi, sebab sebelumnya sudah dilakukan serangkaian pemeriksaan dan skrining sebagai syarat untuk operasi katarak.

“Operasi ini adalah program rutin pemerintah provinsi Gorontalo dalam pemeliharaan peningkatan kesehatan mata, bahkan pencegahan kebutaan yang dilakukan oleh tim medis rumah sakit, dan tidak dikenakan biaya. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi membayar mahal, apalagi pengobatannya sampai di luar Gorontalo, karena disini sudah disediakan semuanya,” tambahnya.

RSUD Hasri Ainun Habibie yang merupakan rumah sakit milik pemerintah provinsi ini terus melakukan perbaikan pelayanan baik kualitas SDM maupun ketersediaannya. Sejak mendapatkan akreditasi pertama pada akhir tahun 2018 sebagai rumah sakit tipe D, di awal tahun 2019 ini rumah sakit tersebut telah beralih ke akreditasi tipe C.

“Untuk tenaga medis dokter spesialis mata yang sebelumnya hanya satu orang dokter, kini sudah bertambah menjadi tiga. Kondisi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan mata masyarakat khususnya yang membutuhkan pelayanan di tingkat rujukan,” pungkasnya.****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *