Tanggal16/12/2019

Rumah Tangga Miskin Pertanian Bakal Terima Bantuan Ternak dari Pemprov

READ.ID,- Sebanyak 18.651 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) akan menerima bantuan pertanian dari Pemerintah Provinsi Gorontalo. Target penyaluran bantuan diantaranya berupa 800 ribu ekor ternak ayam yang dilengkapi dengan pakan dan obat-obatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mulyadi D Mario, pada rapat bersama Tim Balai Besar Veteriner Kementerian Pertanian RI, terkait pemantapan finalisasi Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) penerima bantuan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) yang berlangsung di ruang rapat Dinas Pertanian, Selasa (9/7/19).

Mulyadi mengungkapkan, program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) direncanakan akan dimulai bulan Agustus nanti. Program berbasis pertanian ini adalah upaya untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin, guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang terintegrasi.

“Program BEKERJA merupakan upaya Kementan untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air berbasis pertanian dengan tiga tahapan, jangka pendek, menengah, dan panjang,”jelas Mulyadi.

Menurut kadis, Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) berbasis pertanian ini, diluncurkan oleh Kementerian Pertanian melalui Peraturan Menteri Pertanian No. 20/PERMENTAN/RC.120/5/2018, yang selanjutnya diubah melalui Peraturan Menteri Pertanian No. 27/PERMENTAN/ RC.120/5/2018.

“Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Veteriner Denpasar Bali melakukan kunjungan yang kedua kalinya di Provinsi Gorontalo. Pada kunjungan kedua ini kami langsung mengadakan rapat bersama mereka untuk membahas pemantapan finalisasi Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) penerima bantuan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA),”tutur Muljadi.

Ia menambahkan, setiap RTMP akan menerima 50 ekor ayam umur kisaran 1 bulan atau yang biasa disebutp, ditambah pakan 150 kg dan uang Rp500.000 untuk pembiayaan kandang. Untuk penerimaan berupa uang tersebut akan di transfer ke rekening masing-masing RTMP dan untuk RTMP penerima bantuan yang belum memiliki nomor rekening akan dibantu oleh pihak BRI dengan memfasilitasi mereka dengan membuka rekening di kantor BRI Cabang tanpa perlu ada saldo awal.

Kadis berharap masyarakat RTMP penerima bantuan program ini dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya, agar dapat lebih meningkatkan kesejahteraan hidup khususnya beternak.

“Mudah-mudahan program ini akan berjalan lancar demi kesuksesan pemerintah dalam memberantas penanganan kemiskinan di Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo,” tandasnya.****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *