Ryan Kono Dorong UMKM Kota Gorontalo Manfaatkan Teknologi Kembangkan Usaha

UMKM Gorontalo

READ.ID – Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan Kono mendorong agar pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) dapat menggunakan kemajuan teknologi, untuk mengembangkan usahanya. Terlebih, ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Hal ini dikatakannya, saat membuka pendidikan dan latihan peningkatan pengetahuan digitalisasi UMKM melalui pengembangan strategis marketing di sosial media dan market place, di hotel Gran ld Q, Senin (15/11/2021).

Ryan Kono menyampaikan, saat ini pemerintah Kota Gorontalo tengah melaksanakan program percepatan peralihan UMKM ke era digital. Mengingat, kata Ryan Kono, adanya perubahan perilaku konsumen, dengan membatasi interaksi fisik, dan mengurangi aktifitas diluar rumah.

“Tentunya, hal ini akan memberi peluang lebih besar, kepada pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital untuk bertahan, bahkan melaju ditengah kondisi pandemi Covid-19”, ujar Wakil Wali Kota.

Ryan Kono menjelaskan, dalam membangun strategi digitalisasi usaha, pelaku UMKM bisa menggunakan rumus skala integrasi horizontal dan vertikal.

Arti integrasi horizontalo sendiri, kata Ryan Kono, adalah strategi ekspansi bisnis oleh pelaku UMKM dengan memperoleh Lini bisnis yang sama, atau pada tingkat rantai nilai serupa, sehingga dapat menghilangkan persaingan ketingkat yang lebih besar.

“Sementara, untuk integrasi vertikal yakni menguasai seluruh industri dengan mencakup rantai pasokan, yang menggambarkan integritas berbagai entitas yang terlibat dalam berbagai tahap rantai distribusi”, jelas Ryan Kono.

Terakhir, Wakil Wali Kota berharap, melalui pelatihan dan pendidikan ini, para pelaku UMKM yang ada di Kota Gorontalo, semakin maju dan berkembang, harapnya.

(Rinto/Read)