Ryan Kono Harap Workshop PKPT Mampu Tingkatkan Upaya Kompetensi Pegawai dilingkungan Inspektorat Kota Gorontalo

PKPT

READ.ID – Wakil Wali Kota Ryan Kono membuka Workshop Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT), Berbasis Risiko Dan Coaching Klinik Pemberian Keterangan Ahli Dalam Persidangan, Kamis (1/12/2022).

Ryan Kono menjelaskan, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi sesuai peratuan pemerintah nomor 60 tahun 2008, mengamanatkan seluruh kementerian lembaga dan pemerintah daerah, untuk menyelenggarakan sistem pengendalian internal pemerintah.

Tidak hanya itu, pengawasan internal berbasis risiko merupakan metode proses pengawasan yang terintegrasi dalam proses manajeman risiko organisasi.

Bagi Ryan Kono sendiri, peran aparat pengawas intern pemerintah, dalam hal ini Inspektorat Pemerintah semakin lama semakin strategis, dan bergerak mengikuti kebutuhan zaman.

“Tentunya, selain itu, Inspektorat pun diharapkan dapat menjadi agen perubahan, yang dapat menciptakan nilai tambah pada produk dan layanan instansi”, ungkap Ryan Kono.

Menurutnya, peran pengawas intern pemerintah juga, salah satu unsur manajeman pemerintah yang penting, dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik, yang mengarah kepada pemerintah birokrasi yang bersih.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa reformasi birokrasi juga bertujuan untuk menciptakan birokrasi yang profesional, dengan karakter yang adaftif, berintegrasi, berkinerja tinggi, bersih, dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Dan mampu melayani publik, netral, berdedikasi, dan memegang penuh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara”, ujar Ryan Kono.

Ryan pun menyebut, jika penyusunan program kerja pengawasan tahunan (PKPT), harus memiliki informasi hasil identifikasi, dan penilaian risiko, atau risk register, atas berbagai area dilingkungan penyelenggaraan dan kegiatan audit, yang tercermin dalam registrasi risiko.

Terakhir, Wakil Wali Kota berharap, agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dengan tujuan meningkatkan upaya kompetensi, pegawai dilingkungan Inspektorat Kota Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60