Tanggal14/12/2019

SEKDAPROV : PENGELOLAAN NASKAH DINAS MASIH BELUM TERTIB ADMINISTRASI

READ.ID, – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan bahwa fenomena yang masih terjadi di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam pengelolaan tata naskah dinas, kadang masih belum memenuhi unsur tertib administrasi sebuah surat resmi pemerintahan.

Darda menjelaskan, meskipun sebagian orang mengganggap bahwa penulisan naskah dinas adalah hal yang sepele, namun secara administrasi justri dapat memberikan efek keabsahan sebuah naskah apalagi yang dibuat berupa surat keputusan.

Oleh karena itu penulisan tata naskah dinas sesuai dengan ketentuan seperti pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi, dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan perlu diperhatikan.

“ Tata naskah dinas ini sudah melekat dalam pelaksanaan tugas ASN untuk menciptakan komunikasi tulis yang efektif dan efisien,” Ujar Darda

Darda mengingatkan agar sebelum membuat surat maka hal itu perlu didiskusikan terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan. Sebab menurut Darda dirinya tidak hanya sekali menemukan surat yang keliru.

“ Ini artinya kita hanya mencopy paste surat yang sudah ada tanpa mengganti isi dan tujuannya apa, dan ini sangat fatal dan bisa berakibat hukum,” Kata Darda.****

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *