Seleksi Sekda Gorut Dimulai, 5 Calon Lolos Tahap Administrasi

Seleksi Sekda Gorut

READ.ID – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara (Gorut), telah memulai tahapan proses seleksi calon pejabat tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) definitif.

Dari tujuh orang yang mendaftarkan diri, hanya lima orang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Saat ini kelima orang tersebut lanjut mengikuti uji kompetensi bertempat di Hotel Grand Q Gorontalo, Kamis (6/1/2022).

Seperti diketahui, lima Calon Sekda Gorut yang mengikuti lanjutan seleksi tersebut diantaranya Abdulwahab Rahman Paudi S.IP, M.AP, Faisal Piu , SE, MM , Drs. Robin Herman Daud , M.Si , Drs. Slamet Sismodjo K. Bakri, M.Sc , dan Suleman Lakoro , SH , MM.

“Calon sekretaris ini sebenarnya ada 7 orang, namun yang memenuhi syarat administrasi hanya ada 5. Oleh sebab itu mereka diberi kesempatan untuk ikut seleksi calon pejabat tinggi pratama jabatan sekretaris daerah,” ujar Bupati Indra Yasin saat diwawancarai.

Indra menjelaskan, pelaksanaan seleksi calon sekda gorut ini, merupakan tindak lanjut dari surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk segera mengisi kekosongan pejabat sekda, sehingga pelaksanaan kesekretariatan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Mudah-mudahan dari hasil seleksi ini, kita mendapatkan pejabat yang mumpuni dan terbaik dari pada yang lainnya. Meski memang keseluruhan peserta ini semuanya pejabat yang baik,” terangnya.

Untuk itu, Indra berharap terhadap pelaksanaan seleksi ini, pihak panitia pelaksana (Pansel) dapat menyeleksi calon sekda yang benar-benar berkualitas untuk memberikan yang terbaik kepada daerah.

“Karena nantinya yang bersangkutan jika terpilih menjadi sekretaris daerah menjabarkan tugas-tugas kepala daerah ke OPD sampai ke tingkat bawah,” tukasnya.

Selain mampu menjabarkan, lanjut kata Indra sekda harus mampu menjembatani dengan institusi lain, semisal DPRD dan lembaga-lembaga lainnya.

“Sehingga hubungan harmonisasi pemerintah daerah dan lembaga bisa terjaga dengan baik. Paling penting mampu memfasilitasi tugas-tugas kepala daerah agar berjalan baik dan sukses,” tandasnya