TanggalApril 13, 2021

Senat UNG Bahas Rancangan Naskah Akademik OTK

READ.ID – Senat Universitas Negeri Gorontalo (UNG) membahas rancangan naskah akademik organisasi tata kerja (OTK), dan penyelarasan statuta kampus.

Perancangan naskah akademik UNG tersebut berlangsung dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri para senator UNG, Rabu (7/4/2021).

Ketua Senat UNG Rauf A Hatu, mengungkapkan FGD itu menjadi salah satu tahapan yang dilakukan senat dalam menyempurnakan OTK dan statuta kampus merah maron itu.

Menurutnya, sebagai penyusunan OTK dan statuta merupakan pekerjaan yang cukup berat bagi Senat UNG yang sudah dibahas sejak 7 Bulan terakhir.

“Meski berat namun kami berkomitmen terus mengebut pengerjaannya. Insyaallah dalam waktu dekat akan disempurnakan, dan diajukan ke Kementerian pada September atau Oktober ini. Sehingga pada akhir 2021 akan segera selesai,” beber Rauf.

Dalam pembahasan rancangan naskah akademik maupun penyelarasan statuta kali ini ,kata Rauf, pihaknya menghadirkan sejumlah pemateri yang akan memberikan masukan dan penguatan. Diantaranya, Biro Hukum serta Biro Organisasi dan Tata Laksana.

“OTK dan statuta merupakan ruh dari perguruan tinggi, sehingga pengerjaannya pun dilakukan dengan tidak terburu-buru. Diharapkan melalui proses ini dapat menghasilkan OTK dan statuta yang sesuai dengan kebutuhan UNG,” ujarnya.

Sementara itu Rektor UNG Eduart Wolok, menuturkan momen ini merupakan kali pertama UNG membahas OTK dan statuta secara bersama-sama dengan melibatkan elemen kampus.

“Kedua-duanya dibahas oleh kita secara bersama-sama, dan tentunya hasil dari pembahasan ini dalam bentuk OTK dan statuta harus kita pertanggungjawabkan secara bersama-sama,” ungkap Eduart.

Dirinya berharap penyusunan OTK dan statuta tidak dilaksanakan secara terburu-buru, sehingga proses penyusunanya, untuk kepentingan kelembagaan dan bukan kepentingan personal atau individual.

“Penyusunan dan pembahasannya harus ditunaikan secara bertahap agar bisa disempurnakan dengan baik. Jika telah selesai kemudian akan dipaparkan ke seluruh anggota senat, bahkan mungkin juga akan disampaikan ke pimpinan jurusan maupun prodi,” tandas Eduart.

(SAS/RL/Read)