Sensus 2020, BPS Kabupaten Gorontalo Gandeng Instansi Terkait

READ.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo menggandengan instansi terkait guna mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk di daerah tersebut, pada tahun 2020 mendatang yang sudah menggunakan sistem online.
Sistem aplikasi online itu akan digunakan lewat Andorid sehingga BPS tidak perlu melakukan pendataan di lapangan.
“Jadi, kita tidak perlu turun dilapangan untuk mendata, kedepan semua pendataan kita gunakan aplikasi online, lewat Handpone (HP) Android bisa,” kata Husain Duhengo Kepala BPS Kabupaten Gorontalo.
Ditahun 2020 , pendataan sistem digital untuk sensus penduduk nantinya setiap masyarakat untuk mengisi datanya lewat sistem aplikasi, sehingga mempermudah masyarakat.
Sementara untuk sumber datanya, BPS Kabupaten Gorontalo akan bekerja sama dengan Dinas Dukcapil dan BKBBN untuk memperlancar data lewat aplikasi tersebut.
“Sumber datanya mengacu kerjasama dengan dinas Kabupaten/kota yakni dinas Capil dan BKKBN. Kenapa di dua dinas itu karena mengingat ada terjadi perbedaan antara data capil, BKKBN dengan data BPS,” jelas Husain.
Program sensus penduduk tahun 2020 sistem online segera disosialisasikan di masyarakat untuk melakukan pendataan kembali data penduduk di Kelurahan/Desa. Untuk lebih optimal, BPS akan melakukan pertemuan dengan Bupati bersama pimpinan OPD, camat hingga kepala desa dan lurah guna persiapan sosialisasi nanti.
Menurut Husain Duhengo, untuk mengantisipasi terjadinya kendala penggunaan aplikasi online dan masyarakat yang tidak punya HP Android, BPS juga mempersiapkan lembar isian pencacahan manual seperti yang digunakan tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *