TanggalApril 13, 2021

Sesuai Masukan CEO Madura United, Undian Piala Menpora 2021 Tidak Melibatkan Tuan Rumah Bermain Di Kota Penyelenggara

Piala Menpora 2021

READ.ID- Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 siap digelad dan mengawali bergulirnya kembali sepakbola Indonesia yang sudah vakum selama setahun karena pandemi virus corona. Turnamen ini dinilai menjadi momentum penting untuk sepakbola Tanah Air.

Selama ini PSSI sudah berusaha keras bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), supaya mendapatkan izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menggelar kembali hajat sepakbola di Indonesia.

PT LIB dan Kemenpora ingatkan semua pihak yang terlibat harus bisa menjalankan protokol kesehatan yang ketat, makanya Piala Menpora ini akan jadi ajang uji coba bagaimana sepakbola dijalankan dengan protokol kesehatan, seperti layaknya di belahan dunia lain.

Bandung, Malang, Sleman, dan Solo menjadi tuan rumah pada babak grup Piala Menpora. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator juga telah memutuskan untuk memisahkan beberapa klub supaya tidak berada di dalam satu grup.

Klub yang harus terpisah dari mulai fase grup antara lain Arema FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya. LIB punya alasan mengapa klub-klub tersebut dipisahkan, utamanya karena basis suporter mereka yang besar.

Pihak Kemenpora mengingatkan seluruh pertandingan Piala Menpora tidak boleh dihadiri suporter di stadion. LIB juga membuat kebijakan bahwa tidak ada tuan rumah di fase grup ini, yang artinya semua tim bermain di venue yang netral. Hal ini sesuai masukan dari CEO Madura United Achsanul Qosasi yang meminta agar pembagian grup tidak melibatkan tuan rumah bermain di kota penyelenggara.

Karena jumlah klub yang hanya 18, jadi terdapat grup yang dihuni lima tim, dan empat tim saja. Solo kedapatan bakal dihuni lima tim, bersama dengan Bandung. Penentuan jumlah tim yang ada di dalam satu grup, juga ditentukan lewat undian.

Solo menjadi tuan rumah Grup A, Malang sebagai tuan rumah Grup B, Bandung untuk Grup C, dan Grup D ditetapkan Sleman sebagai tuan rumah. Sayangnya, Persipura Jayapura belum pasti keikutsertaannya pada turnamen ini.

Pengundian ini disiarkan secara langsung dengan Widodo C Putro pelatih Persita Tangerang, Marc Klok gelandang Persija Jakarta, hingga para perwakilan klub maju mengambil undian yang dipastikan fair ini.

Hasil undian cukup menarik dan ketat, namun Grup C patut jadi sorotan karena cukup unik. Grup yang dimainkan di Bandung itu dihuni oleh empat klub yang berasal dari Jawa Timur.

Hasil Undian Piala Menpora 2021

Grup A – Solo

– Arema FC

– PSIS Semarang

– Barito Putera

– TIRA Persikabo

– Persipura Jayapura

Grup B – Malang

– Persija Jakarta

– Bhayangkara Solo FC

– Borneo FC

– PSM Makassar

Grup C – Bandung

– Persebaya Surabaya

– Persik Kediri

– Persela Lamongan

– PSS Sleman

– Madura United

Grup D – Sleman

– Persib Bandung

– Persiraja Banda Aceh

– Persita Tangerang

– Bali United