Suleman Tekankan Pentingnya SIPD Bagi Apatur Desa

READ.ID – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Suleman Lakoro menekankan pentingnya penggunaan sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) dalam perencanaan keuangan di tingkat desa.

Hal ini disampaikan Suleman usai membuka sosialisasi dan pelatihan dalam rangka optimalisasi penginputan usulan musrembang desa dan musrembang kecamatan melalui aplikasi (SIPD) Bappeda Kabupaten Gorontalo Utara.

Suleman menegaskan, seluruh perangkat desa sampai ke tingkat dusun harus memahami betul sistem SIPD. Agar semua usulan desa bisa terakomodir dengan baik.

“Seluruh perangkat desa harus benar-benar memahami bahwa aplikasi SIPD ini dapat menyinkronisasi harapan dan tujuan terhadap apa yang telah dimusyawarahkan,” ujar Suleman.

Kata Suleman, penggunaan SIPD sangat penting untuk mempermudah rumusan dan usulan dalam penentuan penganggaran baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten dan lebih khusus di perencanaan Bappeda.

Untuk itu, Suleman menekankan kepada seluruh peserta terhadap optimalisasi setiap fungsi dan masing-masing tugas lebih khusus dalam digitalisasi.

“Semua sudah harus memahami bahwa kesinambungan sistem informasi di daerah Gorontalo Utara saat ini sangat penting dan dibutuhkan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Badan (Kaban) Bappeda Gorontalo Utara, Faisal Piu mengatakan, tujuan kegiatan dilakukan untuk mangatasi masalah dan kendala pengimputan pada SIPD di tingkat aparatur desa yang menghambat dokumen usulan musrembang baik tingkat Kecamatan dan desa.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60