Tegak Lurus Bersama AHY, Demokrat Gorontalo Pastikan Legalitas Partai ke Kemenkumham

Legalitas Demokrat Gorontalo

READ.ID – Sebagai tanda berdiri tegak lurus bersama Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Demokrat Gorontalo pastikan legalitas partai ke Kemenkumham.

Kunjungan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Gorontalo itu dilakukan pada Rabu (17/3/2021).

expo

Tim rombongan dipimpin Wakil Ketua DPD Demokrat Provinsi Gorontalo Erwinsyah Ismail.

Pada kesempatan itu, Erwinsyah menyerahkan SK Pengurus Dewan Pimpinan Dearah (DPD) dan DPC Demokrat se-Kabupaten/Kota Gorontalo.

“Jadi, hari ini kami dari DPD Demokrat Provinsi Gorontalo bersilahturahmi dengan Kakanwil Kemenkumham dalam rangka penyerahan SK dan pemberitahuan bahwa kami Demokrat yang asli,” ujar Erwin, sapaan akrab Erwinsyah Ismail.

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo ini menegaskan selain Demokrat di bawah kepempimpinan Ketum AHY, adalah yang abal-abal.

Mengingat pihaknya memiliki Surat Keputusan (SK) yang resmi dari Kemenkumham RI. SK itu ditandatangni langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly.

Pada kesempatan itu, Erwin juga memperkenalkan kembali pengurus DPD dan DPC Demokrat Gorontalo yang mempunyai legalitas dari Kememkumham RI.

Legalitas Demokrat Gorontalo

Erwinsyah Ismail (kanan dari depan) saat memperkenalkan para pengurus Demokrat Gorontalo pada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, Rabu (17/3/2021). Foto: Aden/read.id

Selain itu, ia juga kembali menegaskan DPD dan DPC Demokrat Gorontalo akan senantiasa selalu bersama Ketum AHY.

Kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, dirinya berharap agar dapat melaporkan ke pusat terkait sejumlah SK yang telah diserahkan.

“Satu hal yang penting dalam pertemuan ini. Kami sudah melapor ke Kemenkumham, kami mohon kepada Kakanwil segera melaporkan ke pusat. Inilah, kami yang asli sesuai SK Kemenkumham RI tahun 2020,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Hantor Situmorang menyambut baik kedatangan Erwin dan para pengurus Partai Demokrat lainnnya.

Hantor Situmorang menuturkan akan menindaklanjuti segala permintaan yang telah disampaikan. SK yang sudah diberikan juga akan diserahkan ke Kememkumham RI.

“Secepatnya akan kami laporkan, yang ditandatangani itu kurang lebih ada 7 SK kepengurusan Partai Demokrat yang ada di Provinsi Gorontalo,” bebernya.

Legalitas Demokrat Gorontalo

Pengurus Demokrat Gorontalo dan Jajajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo usai penyerahan SK Pengurus Partai Demokrat. Foto: Aden/Read.id

Dirinya menerangkan sampai dengan saat ini belum menerima adanya laporan atau berkas dari pihak lain yang menyatakan diri sebagai pengurus Partai Demokrat.

“yang ada di Partai Demokrat hanya menerima kepengurusan yang resmi, yang tadi disampaikan ke kami, surat itu saja,” tandasnya.

(Aden/Read)