Tim Gerakan Nasional Revolusi Mental UNG Gelar Program Aksi Nyata Cerdas dan Praktis di Desa Bajo

Gerakan Revolusi Mental

READ.ID – Gorontalo, Tim Gerakan Nasional Revolusi Mental UNG menggelar Program Aksi Nyata Cerdas dan Praktis melalui ecobrick pengelolaan sampah plastik bagi masyarakat di Desa Bajo, Kabupaten Boalemo yang berada di Kawasan Teluk Tomini pada tanggal 12 September sampai dengan 14 September 2022.

Sekretaris Tim GNRM UNG Yumanraya Noho, S.Pd., M.Sc. mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Universitas Negeri Gorontalo yang tergabung dalam Forum Rektor Indonesia. Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT. sebagai penanggung jawab dan Dr. Funco Tanipu, ST., MA. sebagai ketua panitia

“Tim GNRM melaksanakan pelatihan dan pendampingan masyarakat Desa Bajo untuk mengatasi pencemaran sampah plastik dengan hal yang sederhana untuk dimanfaatkan menjadi ecobrick,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ecobrick adalah nama botol PET yang diisi dengan beberapa bahan seperti anorganik terkompresi, khususnya plastik, busa, kemasan dan cellophanes yang dapat diubah menjadi kursi, meja, rak sepatu, gapura, dan bahan bangunan pengganti bata.

“Narasumber yang berasal dari dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo memberikan pelatihan,pendampingan, dan penyediaan alat bantu bagi 30 anggota masyarakat yang terdiri dari para remaja, ibu-ibu penggiat usaha, dan stakeholder desa terkait,” ujarnya.

Ia berharap diadakannya Gerakan Nasional Revolusi Mental Pemberdayaan Masyarakat di tahun 2022 ini yakni dapat menciptakan masyarakat yang tangguh, mandiri, dan sejahtera sesuai dengan implementasi pembangunan berkelanjutan dan Education for Sustainable Development (ESD) serta Sustainable Development Goals (SDGs), meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan alam di berbagai sector khususnya Desa Bajo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60