Tingkatkan PAD, Pemkab Pohuwato Bakal Budidayakan Porang

READ.ID – Bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan (Sulsel), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato membahas komoditas tumbuhan, yang saat ini menjadi sorotan publik dan juga Presiden Joko Widodo, yakni tumbuhan porang.

Dalam giat tersebut, Pemkab Pohuwato yang dipimpin langsung Bupati Saipul Mbuinga, didampingi Kadis Pertanian Kamri Alwi, Ka Baperlitbang Irfan Saleh, Kadis Kominfo Supratman Nento, melakukan diskusi bersama Pihak BPTP Sulsel, Kamis (7/9/2021).

Saipul menjelaskan, pada pertemuan tersebut membahas seperti apa tanaman porang serta bagaimana peluang pemasarannya ke depan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan di daerah.

“Banyak informasi yang saya dengar terkait tanaman porang yang bisa mendongkrak perekonomian dan katanya tanaman yang menjanjikan, warga kami mulai bertanya-tanya,” ungkapnya.

Di samping itu, pihak BPTP Sulsel juga menyampaikan, di daerah mereka hampir seluruh kabupaten telah menanam tumbuhan porang, dan Sulsel telah memiliki 5 pabrik yang pada tahun ini akan ditambah lagi 2.

Merak juga menambahkan, dari hasil produksi yang tinggi beberapa testimoni dari petani porang hasilnya mencapai Rp100 juta per hektar.

“Kapasitas produksi 5 pabrik itu, 5 sampai 10 ribu ton per bulan, sementara bahan bakunya hanya 30 persen yang bisa dipenuhi oleh petani, jadi ada peluang 70 persen,” tutur salah satu pejabat BPTP Sulsel.

(JK/Read)