UNG Beri Edukasi Mitigasi Bencana Berbasis Media Interaktif

UNG Beri Edukasi Mitigasi Bencana

READ.ID – Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), memberikan edukasi terkait mitigasi bencana berbasis media interaktif melalui pengabdian masyarakat desa binaan di Desa Tupa, Rabu (13/10/2021).

Pengabdian masyarakat desa binaan tersebut, mengangkat tema Mitigasi Bencana Berbasis Moda Media Interaktif (MMI) pada Masyarakat Desa Tupa, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango.

Ketua Jurusan (Kajur) PGSD FIP UNG Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd mengatakan,  pengabdian ini ditujukan untuk membantu mengedukasi masyarakat dan anak usia sekolah terkait mitigasi bencana.

“Jadi sasaran kita dalam pengabdian kali ini adalah kepala keluarga yang dalam hal ini masyarakat, juga anak usia sekolah. Kita akan memberikan edukasi-edukasi terkait mitigasi bencana melalui media interaktif yang telah dibuat,” ucap Kajur PGSD.

Selanjutnya beber Kajur PGSD yang juga ketua tim dalam pengabdian masyarakat tersebut, bahwa media interaktif yang digunakan adalah hasil adaptasi dari permainan anak-anak usia sekolah.

“Moda media interaktif dalam pengabdian ini, kita adaptasi langsung dari permainan anak usia sekolah berupa permainan algojo,” beber ketua tim pengabdian.

Pelaksanaan pengabdian ini jelas Dr. Candra Cuga, terdapat beberapa tahapan yang akan dilakukan dalam implementasi moda media interaktif tersebut.

“Ada beberapa tahapan pelaksanaan dalam implementasi moda media interaktif ini, yang pertama door to door ke rumah warga secara langsung, go to school, come to village yang akan dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan,” jelas Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd.

Terakhir, Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd berharap, moda media interaktif ini bisa sangat mengedukasi sekaligus membantu memberikan pemahaman kepada target terkait mitigasi bencana.

“Kami berharap moda media interaktif ini dapat membantu memberikan pemahaman kepada target atau sasaran kita terkait mitigasi bencana tersebut,” tandasnya.