UNG Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Desa Wisata Molotabu

READ.ID – Untuk meningkatkan kemandirian perekonomian masyarakat, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bersama Forum Rektor Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, memberikan pendampingan produk-produk Usaha Kecil Menengah Masyarakat (UMKM) bidang kepariwisataan yang ada di Desa Wisata Molotabu, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (14/10/2021).

pahlawan

Direktur Pusat Inovasi Funco Tanipu, ST., MA., mengatakan, UNG sebagai salah satu pusat perubahan revolusi mental, mencoba membangun kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan potensi desa, untuk pengembangan ekonomi lokal melalui salah satu pilar Gerakan Nasional Revolusi Mental yaitu Gerakan Indonesia Mandiri.

“Kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk memperkuat ekosistem inovasi berbasis perdesaan sehingga bisa direplikasi ke desa-desa lainnya,” ungkap Funco.

Ia menjelaskan, kegiatan workshop dan pendampingan bagi pelaku usaha mikro, dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam pengembangan ekonomi melalui usaha-usaha mikro yang berpotensi untuk dikembangkan secara berkelanjutan.

“Adapun materi-materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah, digitalisasi UMKM dan Inovasi Usaha Kepariwisataan,” pungkasnya.