UPT Perpustakaan UNG Fasilitasi Pustakawan Tingkatkan Profesinalitas

READ.ID – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), memfasilitasi para pustakawan untuk meningkatkan profesionalitas.

Salah satunya, melalui pelaksanaan webinar nasional perpustakaan secara daring dan luring, yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, (Kamis, 23/9/2021).

Ketua Panitia, Alfian Zakaria, MT, mengatakan demi mewujudkan perpustakaan sebagai sumber diseminasi informasi dan ilmu pengetahuan bagi pemustaka di era digital ini, kapasitas pustakawan dan kualitas layanan perpustakaan perlu ditingkatkan secara berkesinambungan.

“Jadi, dalam webinar ini, kami memfasilitasi pustakawan, baik di UPT Perpustakaan UNG maupun di luar UNG, untuk meningkatkan kapasitas profesionalime mereka dalam menjalankan layanan perpustakaan, khususnya yang berbasis digital,” ucap Alfian.

Pihaknya juga mengundang Teuku Syamsul Bahri, M.Si (Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia) dan Achmad Riyadi Alberto, S.Ptk (Pustakawan Perpusnas RI) sebagai narasumber dalam webinar tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Perpustakaan UNG, Dr. Ismet Sulila, mengapresiasi webinar ini.

“Kami berharap, para pustakawan, khususnya di UNG, dapat termotivasi untuk terus meningkatkan kecakapan atau keahlian dalam bidang perpustakaan” harap Ismet.

Ismet berharap webinar dapat memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas diseminasi ilmu pengetahuan kepada seluruh pemustaka di UNG, terutama mahasiswa.

Wakil Rektor 1 UNG, Dr. Harto Malik, mewakili Rektor UNG, menyampaikan bahwa upaya-upaya peningkatan profesionalisme pustakawan sangat penting untuk dilakukan.

“Di era revolusi industri ini, sudah semestinya layanan perpustakaan bergeser ke layanan berbasis digital” jelas Harto.

Harto menambahkan, pemanfaatan teknologi dalam layanan kepustakaan dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sesuai dengan kebutuhan pemustaka saat ini.

Webinar ini dihadiri oleh mahasiswa dan pustakawan di UNG, serta pustakawan di Provinsi Gorontalo dan dari institusi di luar Provinsi Gorontalo.

Selain materi tentang peran penting pustakawan yang disampaikan oleh Ketua Umum IPI, akses terhadap bahan pustaka secara daring di Perpusnas RI oleh Pustakawan Perpusnas RI, webinar ini juga mengulas bagaimana layanan berbasis digital dapat diakses di UPT Perpustakaan oleh Alfian Zakaria, MT.