Vaksinasi di Kota Gorontalo Terus Meningkat

READ.ID – Tingkat kesadaran masyarakat di Kota Gorontalo untuk mengikuti program vaksinasi terus mengalami peningkatan.

Antusias masyarakat ini ditunjukkan saat Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo bekerja sama dengan TNI/Polri menggelar kegiatan vaksinasi diberbagai tempat fasilitas kesehatan, instansi vertikal dan fasilitas publik lainnya.

Salah satunya bertempat di Kodim 1304 Gorontalo, Selasa 21 Juni 2021. Sejumlah warga datang secara bergantian untuk divaksin, yang diperkirakan mencapai ratusan orang.

Kepala Bidang Pengedalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Abdul Haris Ahmadong, mengungkapkan permintaan vaksinasi dari masyarakat mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Menurutnya, jika permintaan seperti ini terus terjadi, dengan target 1.000 orang perhari, maka diperkirakan teralisasi.

“Untuk target vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kota Gorontalo adalah 1.000 orang perhari. Jika melihat animo masyarakat seperti ini, kami optimis bisa tercapai,” ungkap Abdul Harus.

Ia menyebut, upaya Pemkot Gorontalo mendorong warga mengikuti vaksin, yaitu dengan merealisasikan sesuai target Presiden Joko Widodo, yakni 70 juta orang telah menerima vaksin hingga September 2021.

Untuk mencapai target itu, kata Abdul Haris, Pemkot Gorontalo melalui satgas penanganan Covid -19 bekerjasama dengan TNI/Polri dan seluruh stakeholder, secara rutin memberikan edukasi pentingnya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui program vaksinasi ini.

“Alhamdulillah, berkat edukasi yang dilakukan secara terus menerus, hingga kini jumlah khusus warga tervaksin sudah mencapai 79 persen, dari total sasaran atau cakupan 20.640 jiwa,” jelas Abdul Haris.

Menurutnya, jumlah tersebut akan mengalami peningkatan, jika melihat setiap pelaksanaan vaksin banyak masyarakat yang datang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid, mengucapkan terima kasih kepada TNI/Polri serta semua pihak yang telah bersama-sama tanpa henti memberikan pehaman kepada masyarakat.

“Covid -19 adalah musuh kita bersama, sehingga kita perlu melakukan kolaborasi untuk menghentikan penularannya,” tegas Ismail.

Pelaksanaan vaksinasi kali ini, juga disaksikan Dandim 1304 Gorontalo Letkol Czi Donny Ardiwidha, berserta jajarannya memfasilitasi jalannya pelaksanaan vaksinasi.

(Rinto/Read)