Video Anak Lumpuh Pasca Vaksin Ternyata Hoaks, Ini Klarifikasinya

READ.ID – Dua Hari yang lalu, sempat viral video anak lumpuh pasca divaksinasi, di Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, yang ternyata adalah kabar hoaks, dan berikut ini klarifikasinya.

Klarifikasi ini, disampaikan langsung pihak Pemimpin Kecamatan (Camat) Tolinggula, Dahlan Wante, yang datang langsung ke rumah anak yang sempat viral, untuk memastikan kejadian yang sebenarnya.

Kedatangan camat ini, juga didampingi oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Tolinggula dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tolinggula Pantai.

“Saat ini, saya sedang berada di rumah siswa yang divaksinasi yang sempat viral, dan hari kami memastikan kedua anak ini dalam keadaan sehat. Buktinya mereka sekarang sama-sama duduk dengan kami,” kata Dahlan.

Dahlan juga mengungkapkan, bahwa sebelumnya beredar kabar bahwa kedua anak tersebut, tidak bisa bersekolah, lantaran lumpuh pasca vaksinasi, tapi kenyataannya mereka saat ini baik-baik saja.

“Hari ini, saya Camat Tolinggula, didampingi teman-teman dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tolinggula, menyatakan bahwa kedua anak ini sehat walafiat dan kabar yang sempat beredar itu adalah hoaks,” ungkapnya.

Terakhir, Dahlan berharap, agar informasi seperti ini tidak akan terulang lagi kedepannya.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berhenti menyebarkan informasi yg tidak benar. Hati-hati, sebab ada Undang-undang yang mengatur tentang berita hoaks,” tandasnya.