Wabup Blitar Ingatkan Masyarakat Untuk Patuhi Lalin Dan Disiplin Prokes

Wabup Blitar

READ.ID.BLITAR – Wakil Bupati Blitar (Wabup) Rahmad Santoso ingatkan masyarakat untuk patuhi lalu lintas saat berkendara dan Protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan wabup saat hadir saat apel Pasukan Operasi Zebra Semeru Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, di halaman Mapolres Blitar, Senin (15/11).

” Operasi Zebra Semeru ini biasa rutin digelar oleh Polres Blitar menjelang Nataru. Namun kali ini, selain untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam protokol kesehatan (Prokes), serta mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah kabupaten Blitar,” ujar Wabub Blitar Rahmad Santoso.

Menurut Pak de Rahmad ( sapaan akrab Wabub), Selain operasi Zebra Semeru juga fokus pada operasi yustisi prokes, mengingat masih pandemi Covid-19, yang bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 dan mempercepat program vaksinasi di wilayah kabupaten Blitar khususnya.

” Saya berpesan kepada masyarakat Kabupaten Blitar, agar kedepan mengikuti aturan-aturan dalam berlalu lintas dan juga selalu disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam beraktivitas,” pesannya.

Pak de Rahmad juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi aturan saat berkendaraan, dengan memakai helm dan safety riding, serta memakai masker.
Kemudian, tidak ugal-ugalan dan menghormati keselamatan orang lain jauh lebih penting. Karena, ini semua demi keselamatan bersama.

Kapolres Blitar, Adhitya Panji Anom dalam kesempatan yang sama mengatakan, Polres Blitar dalam Operasi Nataru akan mengedepankan persuasif dan edukatif, utamanya dalam memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas.

Menurutnya, permasalahan di bidang lalulintas saat ini kian berkembang dan sangat dinamis. Karena, jumlah penduduk mempengaruhi mobilitas masyarakat, ditambah perkembangan sarana transportasi saat ini juga sudah masuk dalam era digital. Sehingga, dimungkinkan dapat memodernisasi transportasi kedepan.

Selain itu, efek lain pembukaan fasilitas umum seperti tempat wisata maupun fasilitas umum lainya dimungkinkan akan menyebabkan peningkatan mobilisasi masyarakat menjelang perayaan hari Nataru.

“Adapun sasaran pada operasi tersebut, yakni masyarakat yang tidak mematuhi Prokes, masyarakat yang tidak mematuhi peraturan dan perlengkapan dalam berkendara,” tegasnya.

Disamping itu, Kapolres Blitar juga menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk tetap mematuhi Prokes. Sedangkan untuk petugas supaya meningkatkan kewaspadaan saat bertugas, guna antisipasi aksi teror dari orang tidak bertanggung jawab.

“Saya tekankan kembali, dalam pelaksanaan tugas harus menerapkan protokol kesehatan. Polri sebagai contoh masyarakat dan harus berani mengingatkan masyarakat yang melanggar Prokes dan lalulintas,” pungkasnya.(adv/kmf/didik)