Wagub Gorontalo Resmikan RHIR hasil dari Program CSR

READ.ID, – Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim meresmikan Rumah Hunian Idaman Rakyat (RHIR) di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Sabtu (4/5/2019). Sebanyak empat unit RHIR yang diresmikan merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dari PT. Pabrik Gula (PG) Gorontalo.

“Atas nama Pemprov Gorontalo saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PG. Gorontalo yang telah membangun RHIR,” ucap Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Idris mengutarakan, kebutuhan RHIR di Provinsi Gorontalo sebanyak 52 ribu unit. Untuk memenuhi kebutuhan RHIR bagi warga kurang mampu, Pemprov Gorontalo menganggarkan pembangunan RHIR sebanyak 1.000 unit pertahun.

“Jika Pemprov dan kabupaten/kota setiap tahunnya masing-masing membangun 1.000 unit, artinya ada 7.000 unit RHIR yang dibangun setiap tahun. Jadi untuk menuntaskan pembangunan RHIR untuk masyarakat itu membutuhkan waktu kurang lebih delapan tahun,” tutur Wagub.

Oleh karena itu ke depan Idris berharap, seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Gorontalo turut ambil bagian dalam membangun RHIR melalui dana CSR. Khusus untuk PG. Gorontalo, Idris menyarankan untuk menambah jumlah RHIR yang dibangun dari dana CSR menjadi 10 unit pertahun.

“Saya mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga agar pabrik gula ini berusaha dengan baik dan aman sehingga bisa memperoleh keuntungan yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat dalam bentuk bantuan sosial,” imbuhnya.

Sementara itu General Manager PG. Gorontalo Suryanto dalam laporannya menyampaikan bahwa dana CSR yang diperoleh perusahaannya selain digunakan untuk membangun RHIR, juga dimanfaatkan untuk membangun jalan dan jembatan, serta perbaikan rumah ibadah dan sekolah. Pada tahun 2018, dana CSR PG. Gorontalo kurang lebih mencapai Rp1 miliar.

“RHIR yang kami bangun ini ukurannya panjang 5,5 meter dan lebar 4,5 meter dengan anggaran Rp25 juta perunit,” kata Suryanto.***

 

Related Post

TRENDING TOPIC

TRENDING POST