Wali Kota : Setiap Bulan Pemkot Gorontalo Tangani 172 Ribu Ton Sampah

Wali Kota Gorontalo

READ.ID – Wali Kota Gorontalo menyampaikan saat ini terdapat kurang lebih 172 ribu ton setiap bulan, sampah yang harus ditangani oleh Kota Gorontalo.

Hal ini dikatakan Wali Kota, pada kegiatan bakti sosial, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-93, dengan melakukan bersih-bersih sungai, di Taman Bermain Jalan Raja Eyato, Selasa (21/12/2021).

Wali Kota Marten Taha mengatakan, kegiatan bakti sosial yang mengusung “Sungaiku Bersih, Kotaku Indah” ini, bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, aman dan nyaman.

Menurut Marten Taha, masalah kebersihan di Kota Gorontalo masih menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat. Sebab, semakin tingginya timbulan sampah dan itu terjadi setiap tahunnya.

Wali Kota menjelaskan, ada beberapa faktor menjadi kendala yang dihadapi dalam mengatasi masalah sampah di Kota Gorontalo.

Diantaranya, disebabkan oleh keterbatasn Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Peralatan, dan sarana prasarana yang belum bisa menunjang 100 persen.

“Untuk itu, banyak keluhan masyarakat seperti sampah 2 sampai 3 hari belum terangkut”, ungkap Wali Kota.

Lebih lanjut, Wali Kota menegaskan, bahwa pihaknya akan berupaya terus menerus, agar persoalan sampah yang ada di Kota Gorontalo bisa teratasi.

“Kepada masyarakat pun, kami mengharapkan agar dapat menjaga lingkungan, terutama tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sepanjang aliran sungai”, pesannya.

(Rinto/Read)