Sukses Tangani Sampah, Kota Gorontalo Dapat Tambahan Dana

Petugas Kebersihan Sedang Menyapu Jalan di Kota Gorontalo.
READ.ID,- Pelaksanaan seluruh program kegiatan oleh Pemerintahan Kota Gorontalo, tentu sangat memberi pengaruh baik terhadap pemerintahan itu sendiri. Salah satunya Dana Insentif Daerah Kota Gorontalo, yang dipastikan bertambah. Hal ini seperti disampaikan Menteri Keuangan RI, melalui acara rapat koordinasi Indonesia Bersih Kamis (21/02) pagi tadi di Jakarta.
“Kegiatan yang bergerak dibidang lingkungan ini, merupakan salah satu kategori yang harus dipenuhi daerah untuk mendapatkan DID, kalau program ini berjalan dengan baik maka daerah berhak mendapatkan DID,” ujar Menkeu RI Srimulyani.
Wali Kota Gorontalo Marten Taha meyakini Kota Gorontalo bisa mendapatkan DID, sebab di tahun 2018 saja DID Kota Gorontalo meningkat dari tahun 2017. Program kegiatan Pemerintah Kota Gorontalo yang menjadi syarat dari Pemerintah Pusat, semuanya berhasil dipenuhi oleh Pemerintah Kota Gorontalo. Termasuk program yang bergerak dibidang lingkungan, dimana sampah di Kota Gorontalo berhasil ditekan volumenya.
“Sekarang ini Pemerintah Kota Gorontalo lagi gencar-gencarnya menuntaskan program Kotan Tanpa Kumuh, yang erat kaitannya dengan lingkungan. Program tersebut sangat membantu Pemerintah Kota Gorontalo, khususnya dalam mendapatkan kucuran anggaran DID dari Pemerintah Pusat. Tidak terkecuali dengan program TPS-3R melalui Bank Sampah yang tersebar di sembilan kecamatan, yang turut meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Gorontalo,” terang Marten.
Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid menambahkan, untuk mendapatkan DID dari Pemerintah Pusat ada 12 indikantor yang harus dipenuhi Pemerintah Kota Gorontalo. Seperti mampu menjalankan dan mensukseskan program lingkungan, kesehatan, pendidikan, kinerja pemerintahan daerah dalam hal ini LAKIP dan SAKIP. Kemudian tentang LPPD Kota Gorontalo, pertumbuhan ekonomi yang harus diatas Nasional, angka Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM).
“Semua indikator tersebut sudah dipenuhi oleh Pemerintah Kota Gorontalo, termasuk dengan diraihnya predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak tiga kali berturut-turut oleh Pemerintah Kota Gorontalo. Sebagai bukti dari capaian tersebut, Dana Instif Daerah sekarang ini, sebanyak Rp 35 miliar lebih,” tutup Ismail. (bink)

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.