Warga Bone Bolango Bersihkan Lumpur Pasca Banjir

Bone Bolango Banjir
Bone Bolango Banjir

READ.ID – Warga di Kabupaten Bone Bolango, Jumat (12/6), mulai membersihkan rumahnya yang terendam lumpur akibat banjir melanda dibeberapa Desa di Kabupaten setempat pada Kamis (11/6) kemarin.

Para warga membersihkan rumah turut dibantu aparat gabungan TNI dan Polri. Mereka dikerahkan ke lokasi untuk membantu warga yang rumahnya terdampak banjir.

“Terlihat saat dilokasi, TNI-Polri bersama warga membersihkan rumah-rumah warga yang masih terendam lumpur. Banyak sampah dan kayu juga berserakan di permukiman warga,” kata Kapolres Bone Bolango Akbp Suka Irawanto.

Kapolres menjelaskan, selain membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak banjir, aparat bersama warga juga membersihkan jalan yang masih tertutup oleh lumpur saat banjir ikut terendam.

Kedatangan aparat gabungan TNI Polri untuk membantu membersihkan rumah warga yang terdampak banjir mendapat apresiasi dari warga .

Sebelumnya, banjir terjadi karena dipicu hujan yang mengguyur wilayah setempat pada Kamis 11 Juni 2020. Selain intesitas hujan tinggi, sungai Bone yang meluap membuat air dengan cepat menggenangi rumah warga.

Berdasarkan data sementara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat, sebanyak 5.407 orang menjadi korban banjir di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Ribuan orang terdampak banjir tersebut tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango yakni Kecamatan Sawawa, Kecamatan Sawawa Tengah, Kecamatan Sawawa Selatan dan Kecamatan Botupingge.

“Sedikitnya tiga orang luka-luka, 5.407 jiwa atau 1.479 rumah terdampak banjir. Serta 2 unit jembatan rusak berat dan 1 unit jembatan rusak ringan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui siaran pers, Jumat (12/06). (RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60