Wisata Hiu Paus Terbaik Ada di Gorontalo

READ.ID – Wisata Hiu Paus terbaik di Indonesia, berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Diketahui, ada tiga spot Wisata Hiu Paus yang berada di Indonesia, yakni di Teluk Cendrawasih, yang berada Kabupaten Nabire, Provinsi Papua.

Kedua di Talisayan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, dan ketiga ada di Gorontalo.

Namun, dari ketiga lokasi tersebut, spot Wisata Hiu Paus yang terbaik di Indonesia, berada di Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Wawan Gunawan.

Dirinya membeberkan hal itu saat berkunjunjung ke lokasi Wisata Hiu Paus yang berada tidak jauh dari Kota Gorontalo itu.

Dirinya menyebutkan, Wisata Hiu Paus di Gorontalo tersebut menjadi spot terbaik di Indonesia dari aspek aksesibilitas, yang tidak jauh dari bibir pantai.

Dibandingkan dengan di Taliyasan, kemunculan Hiu Paus tidak pasti, bahkan kadang wisatawan tidak berpapasan walaupun berada di spot tersebut.

Begitu juga dengan di Teluk Cendrawasih, lokasinya yang jauh dari Ibu Kota Nabire, sering mengurungkan niat para wisatawan untuk berkunjung.

Menurut Tour Guide Gorontalo Agus Kamba, Wisata Hiu Paus ini, tidak akan mengecewakan para wisatawan. Hal itu dikarenakan Hiu Paus selalu bermunculan di bibir pantai setiap harinya.

“Tadi saja, ada sekitar empat ekor Hiu Paus di bibir pantai ini,” ungkap Agus Kamba saat diwawancarai awak Read.id, Rabu (23 Juni 2021).

Sementara untuk para wisatawan yang berkunjung tadi, kata Agus Kamba, dari berbagai kalangan, dan dinominasi wisatawan domestik.

“Tadi juga kami menjamu wisatawan dari pramugari salah satu maskapai ternama di Indonesia, untuk melakukan diving dan snorkeling di sini,” tandas Agus.

(Setiawan/Read)