14 Mahasiswa Program Modul Nusantara Buat Aplikasi Informasi Hiu Paus Botubarani

Modul Nusantara Hiu Paus

READ.ID – 14 Mahasiswa yang mengikuti Program Modul Nusantara, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) membuat Aplikasi berbasi website Sistem Informasi Hiu Paus Botubarani.

Sistem informasi Hiu Paus bisa diakses di laman website https://botubaranitourism.id/, sistem ini menjadi sarana promosi Pariwisata yang ada di Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango, khususnya destinasi wisata Hiu Paus.

Website ini berisi informasi Kemunculan Hiu Paus setiap hari, yang diinput oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di lokasi Hiu Paus setiap pagi.

Selain data harian pada aplikasi ini terdapat informasi kemunculan Hiu Paus Bulanan dan Tahunan

Selain informasi Hiu Paus, website ini juga berisi informasi Homestay, Culinary , dan Souvenir khas Botubarani. Semuanya terkoneksi secara online ke Handphone Pokdarwis atau Panitia pengelolah objek wisata.

Tidak hanya itu, didalam website juga terdapat informasi jarak dari Fasilitas Umum lainnya, sperti Bandara, Pelabuhan, Puskesmas Tilongkabila, Polsek Kabila Bone, yang di lengkapi dengan titik koordinat lokasi.

Sementara itu Dosen Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Citra Dano Putri selaku pembimbing Kelompok Program Modul Nusantara Merdeka Belajar mengatakan, Website informasi Hiu Paus ini adalah bentuk kontribusi sosial bagi perkembangan pariwisata yang ada di Bone Bolango.

“Kami berharap sistem informasi ini, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai sarana promosi pariwisata Hiu Paus di Botubarani,” kata Citra Dano Putri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sebagai salah satu wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pertukaran Mahasiswa Merdeka dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah airnya serta mendorong penguatan dan perluasan kompetensi akademik mahasiswa.

Melalui rangkaian kegiatan modul nusantara ini, para peserta yang berasal dari berbagai kampus dari berbagai wilayah di Indonesia diharapkan dapat memaknai kebhinekaan lebih dalam dan memberikan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (Redaksi)