Amin Haras tegaskan Program Desa fokus Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

READ.ID – Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras menegaskan bahwa program yang ada di desa fokus pada pemberdayaan ekonomi rakyat.

Menurut wabup Amin, tantangan sekarang ini masih terkait dengan kemiskinan dan persoalan kemiskinan ini masih merupakan hal yang menjadi perhatian serius pemerintah daerah, walaupun setiap tahun terjadi penurunan kemiskinan.

banner 468x60

“Berbagai kebijakan program pemberdayaan ekonomi rakyat baik itu perikanan, peternakan, UMKM, usaha-usaha masyarakat melalui Perindagkop, Dinas Sosial dan lainnya, sehigga menjadi fokus bupati-wabup masih pada ekonoimi kerakyatan,” Kata Amin Haras.

Demikian juga dengan pemerintah desa ada program-program yang lebih fokus pada ekonomi kerakyatan dengan tidak mengenyampingkan pendukungnya berupa infrastruktur dan sarana prasarana.

Dalam kesempatan itu, Wabup mengatakan bahwa keuangan yang ada di daerah belum bisa menampung semua usulan yang dimasukkan pada Musrenbang Kecamatan, sehingga itu secara bergantian usulan tersebut ditampung dan dimasukkan pada setiap tahun anggaran.

“Memang diakui bahwa kebutuhan masyarakat disetiap wilayah begitu besar yang jelas semua itu sangat dibutuhkan, tetapi karena dengan keterbatasan anggaran keuangan daerah maka skala prioritas yang diutamakan dan itu butuh pendampingan dari bapak ibu camat dan kades karena saudara yang tahu persis mana program yang sangat dibutuhkan” Jelasnya.

Lanjut kata Wabup Amin, walaupun setiap tahun APBD naik, akan tetapi belum bisa menampung semua usulan, apalagi diperhadapkan dengan masih banyaknya masyarakat miskin yang butuh sentuhan dan perhatian dari pemerintah.

“Memang angka kemiskinan telah menurun tetapi masih termasuk tinggi pula karena masih ada sekitar 18,16 persen sampai tahun 2019 ini,” Ungkapnya.

Wakil Bupati Amin Haras secara resmi hadir dan membuka kegiatan Musenbang tingkat Kecamatan Popayato Barat dan Kecamatan Popayato, yang berlangsung Jum’at, (24/1).

Hadir pada kegiatan Musrenbang tersebut yakni Angota DPRD Provinsi Suharsi Igrisa dan Anggota DPRD Pohuwato, juga beberapa OPD yang ada di Pemda Pohuwato. (D/RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60