Amir Arham : Jabatan Komisaris Bank Harus Berlatar Belakang Akademisi dan Profesional

READ.ID,- Menurut Dr. Amir Arham, pengamat ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo (UNG), selama ini usulan komisaris perbankan dari beragai daerah itu, memiliki latar belakang akademisi dan para profesional. Lebih khusus mereka yang mengenal lebih dunia perbankan.

“Gorontalo harus mengusulkan mereka yang memiliki kompetensi tinggi di dunia perbankan,” terang Amir, saat dihubungi terpisah melalui selular Senin (11/3/2019).

Karena seorang komisaris bank setidaknya memiliki tugas, seperti melakukan pengawasan atas jalannya perseroan, atau memberikan masukan kepada direksi. Termasuk, memeriksa laporan tahunan perusahaan.

“Maka terkait dengan itu, saya setuju bahwa seorang komisaris harus mengerti tujuan perusahaan. Karena ini perusahaan perbankan, maka dia harus paham lika liku dunia perbankan serta paham perkembangan ekonomi makro” jelas Amir.

Terkait dengan pencarian komisasir Bank Sulut-Go dari Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sendiri sudah menyebutka dua nama yakni Nurlan Darise dan Syafrudin Mosii.

Akan tetapi di Gorontalo sendiri berhembus kabar bahwa ada nama calon seorang komisaris yang tepat menduduki jabatan tersebut. Yakni Iskandar Salam Kosasi, memiliki rekam jejak dari perbankan.

Diantaranya, Mantan Pimpinan Cabang Bank Sulut-Go di tiga daerah berbeda, juga pejabat aktif di Bank Sulut-Go Pusat, sebagai Pimpinan Depertemen Manajemen Resiko. Yang berfungsi sebagai pengkaji, terhadap kebijakan yang akan diambil oleh direksi atau manajemen Bank Sulut-Go Pusat. Serta sudah berkiprah di dunia perbankan, khususnya Bank Sulut-Go Pusat selama 36 tahun.

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.