Bahas Empat Isu Strategis Bersama TKPRD, Sekda Minta Revisi RTRW Dipercepat

READ.ID,- Membas empat isu strategis tentang tata ruang, bersama Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD), Senin (4/3/2019) pagi tadi di Kantor Dinas PUPR Provinsi Gorontalo. Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, meminta meminta Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD), secepatnya melakukan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah.

“Isu strategis tersebut diantaranya, pembangunan Waduk Bolango Ulu, penyeusian lokasi pembangunan perumahan PT. Ayo Bangun Gorontalo, revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Bone Bolango dan Pelabuhan Anggrek,” ujar Darda.

Menurut Darda, keterbatasan waktu yang begitu mepet membuat pihaknya kembali mengingatkan soal revisi RTRW ini. Guna untuk kelengkapan yang menjadi dasar pembangunan yang ada di daerah.

“Penentuan waktu harus segera dilakukan, dan kapan selesai revisi ini, dengan mempertimbangkan proses teknokratis, top-down-up dan partisipatif yang sesuai dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan. Karena kalau lama-lama, RTRW ini tidak akan jadi,” tegas Darda.

Ia takutkan usulan tersebut tidak akan selesai, jika pembahasannya hanya sampai pada perencanaan saja. “Usulan ini termasuk didalamnya perluasan pelabuhan Anggrek. Ini sangat menentukan perkembangan Provinsi Gorontalo itu sendiri,” terang Darda.

Terkait dengan pembangunan perumahan di kabupaten Gorontalo yang berada di jalur Gorontalo Auto Ring Road (GORR), sekda menguraikan, pembangunan perumahan harus disesuaikan dengan jalan GORR itu sendiri, karena ada kaidah-kaidah yang harus dipenuhi.

“Karena ini jalan bebas hambatan jangan sampai mempengaruhi fungsi GORR tersebut,” pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *