Balai Bahasa Sulut Gelar Pembinaan Komunitas Baca di Kabupaten Bolmut

Balai Bahasa Sulut

READ.ID – Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pembinaan komunitas di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Selasa (30/03/2021).

Bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Balai Bahasa melibatkan 50 peserta, masing-masing direkrut dari komunitas literasi yang di Kabupaten Bolmut.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulut, Dwi Sutana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah yang strategis untuk mengembangkan pengetahuan.

“Kegiatan ini sengaja kami sasar, pesertanya dari komunitas literasi yang ada di Kabupaten Bolmut, karena menurut kami ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi para pegiat literasi,” ucap Kepala Balai.

Dikatakannya, berdasarkan data yang ada, bahwa tingkat literasi di Indonesia, masih sangat rendah.

“Sebagaimana data yang kami peroleh, bahwa indeks minat baca di Indonesia mencapai 0,001 %. Perbandingannya setiap 1000 penduduk Indonesia, hanya 1 orang yang mempunyai minat baca.

Selanjutnya, dalam tingkat literasi, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara. Sementara untuk pelajar, tingkat membaca siswa di Indonesia menempati peringkat ke-57 dari 65 Negara yang diteliti.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulha Mokodompis mewakili pemerintah daerah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Balai Bahasa karena telah memilih Kabupaten Bolmut dalam melakukan pembinaan komunitas baca.

“Sebagai bagian dari Indonesia, Kabupaten Bolmut harus lebih meningkatkan budaya Literasi. Ini bahkan perlu dipupuk sejak usia dini. Bahkan, bisa kita dorong minat baca masyarakat di berbagai sektor,” ujar Kadis.

Dilanjutkannya, untuk itu penting dilaksanakan kegiatan pembinaan komunitas baca ini.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, besar harapan saya pada kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan gerakan literasi di kabupaten Bolmut. Bukan hanya itu, kita juga perlu sama-sama mendukung gerakan literasi agar mampu menumbuhkembangkan budaya literasi bagi anak muda di Kabupaten Bolmut.

Pada akhir penyampaiannya, Kadis berharap agar ke depan Balai Bahasa bisa menggelar kembali kegiatan pembinaan literasi baca ini.

“Kami berharap pelatihan literasi ini juga, bisa menyasar ke siswa-siswi yang ada di Kabupaten Bolmut,” tandas Kadis.

(SVG/Read)