Berikut Lima Daerah Peraih SAKIP Award 2019

READ.ID,- Masyarakat Gorontalo harus berbangga hati, atas kinerja yang dilaksanakan Pemerintahan Daerah di Gorontalo. Pasalnya lima daerah di Gorontalo berhasil meraih Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Award tahun 2018, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Selasa (19/02) pagi tadi.
Lima daerah tersebut diantaranya Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato. Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2018 berkategori B, itu daraih oleh tiga daerah. Masing-masing Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pohuwato. Sedangkan Kabupaten Boalemo sendiri dari data yang dibacakan pihak Kemenpan-RB RI, hanya meraih predikat atau kategori CC. Dan yang sangat luar biasa satu-satunya dari peraih predikat BB, hanyalah Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.
Pantauan Read.Id di lokasi kegiatan berlangsung di ruang Ball Room Four Point Hotel Makassar, penghargaan SAKIP Award untuk Pemerintah Kota Gorontalo diterima langsung Wali Kota Marten Taha. Kemudian Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, masing-masing diterima oleh Sekretaris Daerah. Untuk Kabupetan Pohuwato oleh Wakil Bupati Amin Haras, dan Kabupaten Boalemo diterima langsung oleh Bupati Boalemo. Terakhir SAKIP Award oleh Kabupaten Bone Bolango, diterima Bupati Bone Bolango.
“Kota Gorontalo dapat tingkat akuntabilitas kinerja dengan predikat B, dengan nilai hasil evaluasi 64,87. Nilai tersebut naik sedikit dari tahun 2017 64,85. Tapi ini sudah menunjukkan suatu peningkatan kinerja akuntabilitas kinerja kita, karena untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja dari sekian banyak dari ribuan kegiatan, dan ratusan program kita itu satu hal yang tidak mudah,” ujar Wali Kota Gorontalo Marten Taha, saat ditemui usai menerima Piagam penghargaan.
Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou jelaskan, kategori BB atas akuntabilitas kinerja pemerintahan yang diterima Kabupaten Bone Bolango bukan akhir dari kinerja seluruh aparat pemerintahan melainkan sebuah motivasi terhadap Pemerintahan Daerah untuk terus berinovasi dalam melaksanakan program kegiatan.
“Saya berharap ini akan menjadi acuan utama seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, dalam bekerja baik bertujuan untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat. Serta, melahirkan inovasi dalam setiap program kegiatan,” ungkap Hamim.
Senada ditambahkan Bupati Boalemo Darwis Moridu, bahwa penghargaan merupakan hasil kinerja dari seluruh aparatur di lingkup Pemerintahan Kabupaten Boalemo. “Saya ucapkan terima kasih banyak atas kinerja prima yang dilakukan seluruh aparatur Pemkab Boalemo, semoga ini mejadi motivasi bersama,” terang Darwis.
Lain lagi diungkapkan oleh Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras, bahwa akuntabilitas kinerja berkategori B diraih Pemkab Pohuwato, merupakan bukti partisipasi masyarakat selalu mendukung program kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Pohuwato.
“Dukungan dari seluruh elemen masyarakat, faktor utama kami bisa melaksanakan tugas dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan,” jelas Wakil Bupati. (bink)

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.