BKPM Mendorong Pemkab Blitar Untuk Bergairah Ciptakan Iklim Investasi

Iklim Investasi

READ.ID.BLITAR – Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Izul Mahrom bersama kepala OPD menerima kunjungan kerja dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) wilayah IV bersama rombongan di Pendopo Hadi Negoro (RHN) kamis(4/11/2021)

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Wilayah IV Yos Harmen, memberikan dorongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui instansi terkait untuk bergairah menciptakan iklim investasi yang lebih baik agar dapat menarik investor baru untuk masuk ke Kabupaten Blitar.

” Kita mencoba menciptakan peran Pemda dalam membina dan menjaga serta mengawasi investasi yang sudah ada, jadi kita tidak hanya mencari yang baru, yang ada itu kita maintanance, kita kawal agar tidak ada masalah di daerah, karena sebagian besar menurut isu isu yang beredar, pemda tidak mengelola investsi dengan baik, kalau ada masalah tidak bantu menyelesaikan,” ungkap Yos Harmen.

” Sekarang BKPM memperhatikan hal hal seperti itu dengan memfasilitasi melalui diskusi untuk meningkatkan peranan pemerintah daerah terkait dengan investasi” tegasnya.

Sementara itu, Sekda Izul Mahrom memaparkan, seperti yang saya pesankan, investor itu perlu tetapi demgan syarat investor harus ramah lingkungan dan mempunyai kontribusi dengan daerah seperti memprioritaskan tenaga kerja lokal serta memberikan Pendapatan asli daerah (PAD).

“Jadi investor itu tidak hanya sekedar berinvestasi disini, tapi juga harus memperhatikan lingkungan serta memberikan kontribusi pada daerah. Untuk menarik iklim investasi masuk ke Blitar, pemda sebenarnya sudah berupaya, dengan melihat potensi yang ada. Seperti contoh pertanian, Kabupaten Blitar merupakan produsen pertanian sehingga kalau ada yang investasi mendirikan pabrik olahan, bahan baku sudah ada disini,” jelas Sekda kabupaten Blitar.

(adv/kmf/didik)