Bolmut: Perlu ada event Pariwisata Berskala Nasional dikelola BKSU

Event Pariwisata

READ.ID – Kepala Dinas Pariwisata Bolmong Utara (Bolmut), Mohamad Noh Djarumia mengatakan perlu ada event pariwisata berskala Nasional yang dikelola oleh Badan Kerjasama Utara-utara (BKSU).

“Kami yang tergabung dalam BKSU telah bersepakat melakukan kegiatan pariwisata yang terkoneksi dari empat daerah tergabung dalam BKSU,” kata Mohamad Noh Djarumia.

Ia menambahkan, dalam event yang dikelola bersama daerah yang tergabung dalam BKSU, harus melibatkan Kementerian Pariwisata.

“Ini dalam rangka membangun kerja sama Utara-Utara. Apalagi Utara-Utara ini sudah cukup lama di bentuk, bahkan hampir sembilan tahun,” jelasnya.

Untuk itu, dalam pengembangan dan promosi pariwisata ini, memang harus ada desain perencanaan yang benar-benar matang kedepannya dengan berkolaborasi bersama para pelaku usaha dan pengambil kebijakan dalam hal sektor pariwisata.

“Nah di Utara-Utara ini semua komponen harus terlibat secara komprehensif untuk membangun kekuatan dalam sektor pariwisata. Sehingga semua kekuatan full harus kita lakukan. Karena kalau tidak ya Utara-Utara ini hanya akan sebatas simbolis saja,” tukasnya.

BKSU terdiri dari empat Kabupaten yaitu, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo, Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara, dan Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah. (Rully)