Sukses FPS 2021, Thariq Modanggu Apresiasi Dinas Pariwisata Gorontalo Utara

Pariwisata Gorontalo Utara

READ.ID – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata setempat terkait keberhasilan atas penyelenggaraan Festival Pesona Saronde FPS tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Thariq Modanggu saat menutup seluruh kegiatan rangkaian pelaksanaan festival pesona Saronde, di Pulau Saronde, Kecamatan Ponelo Kepulauan.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia pelaksana, Dinas Pariwisata, dan seluruh elemen OPD yang mensupport kegiatan festival pesona saronde tahun ini,” ujar Wabup Thariq.

Menurutnya, tentu tidaklah mudah bagi pemerintah daerah, disaat tengah berjuang melaksanakan program vaksinasi dimana-mana serta penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Namun pada saat yang sama kita juga harus menegaskan bahwa kepercayaan oleh pemerintah pusat, dari 200 event wisata di Gorontalo. Hanya ada dua yang dihargai sebagai event nasional, yakni festival Saronde dan Karawo,” ujar Thariq Modanggu.

Hal yang sama juga tentu dirasakan oleh Dinas Pariwisata selaku penanggung jawab panitia pelaksana yang sudah bekerja keras menyiapkan seluruh kegiatan, namun karena ditengah kondisi pandemi sehingga terjadi penyesuaian.

“Oleh karena itu ini menjadi satu tantangan kita yang terus melakukan upaya mempromosikan dan melaksanakan kegiatan festival saronde dari tahun ke tahun,” terangnya

Thariq menyampaikan dalam pelaksanaan FPS tahun 2021 ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Forum Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) dari keempat daerah diantaranya Bolmong Utara, Buol, Bone Bolango dan Gorontalo Utara selaku tuan rumah.

“Dimana pariwisata ini kita integrasikan dan lebih-lebih lagi Fokus pemerintah Gorontalo Utara adalah pulau saronde untuk dikembangkan dalam sebuah rancangan,” jelasnya.

Kata Thariq, kalau sebelumnya ada namanya saronde ring. Namun dengan BKSU memiliki rancangan namanya BKSU Integrated Tourism (BIT).

“Ini yang menjadi fokus pemerintah daerah adalah sektor pariwisata yang didukung oleh OPD lainnya. Sehingga saya mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan dari TNI/Polri yang terus berkoordinasi membantu pemerintah daerah sehingga kegiatan Festival Pesona Saronde 2021 bisa terlaksana,” tukasnya. (Rully)