Bupati Blitar Lantik Pengurus TP PKK Dan Bunda Paud Kecamatan Se Kabupaten Blitar

Pengurus TP PKK

READ.ID.BLITAR – Pelantikan TP- PKK Kabupaten Blitar Periode 2021-2024 Pelantikan Dan Serah terima Ketua TP PKK Kecamatan Dan Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan Se Kabupaten Blitar digelar Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN).

pahlawan

Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Blitar, Venina Rahmad Santoso, menghadiri Sekaligus melantik anggota dan pengurus Tim Penggerak PKK Kab.Blitar dengan Tugas dan fungsi masing- masing, kamis (11/11/2021).

Hadir dalam Acara Pelantikan tersebut, Kepala Forkopimda Kabupaten Blitar dan Seluruh OPD Kabupaten Blitar serta seluruh pengurus TP PKK, Dharma Wanita Dan Dekranasda Kabupaten Blitar.

Dalam sambutan Bupati Blitar, Rini Syarifah menyampaikan selamat kepada ibu ibu pengurus TP PKK Kabupaten Blitar periode 2021-2024 dan pengurus baru TP PKK Kecamatan.

” Perlu kita ketahui bahwa PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Tantangan bagi kader PKK di era moderenisasi semakin berat, PKK harus responsif terhadap permasalahan baik yang terkait bidang kesehatan, sosial terutama masalah stunting, termasuk Kabupaten Blitar agar bebas dari stunting,” jelas Mak Rini.

Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, tahun 2020, jumlah stunting mencapai 9,89%.

” Ini PR kita bersama untuk menjadikan Zero stunting di Kabupaten Blitar, stunting bukan masalah kurang gizi saat hamil, tapi juga terkait persiapan diri dan kwalitas kesehatan ibu.
Gaya hidup sehat yang dijalani ibu juga harus dipersiapkan sebelum kehamilan,” tuturnya.

Dijelaskannya pula, peran PKK dalam pencagahan stunting yaitu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penggerakan kader, pengembangan masyarakat, peningkatan upaya advokasi dan perencanaan yang mendukung pemberdayaan masyarakat, pemutakhiran data dan informasi.

” Untuk itu saya berharap ada komitmen bersama dalam peningkatan peran aktif kader menggerakkan individu, keluarga dan masyarakat,” jelasnya.

Mak Rini menambahkan, tim penggerak PKK harus mampu mempresentasikan program yang kritis terhadap kesetaraan gender, menonjolkan progresif, inovatif dan kreatif.
TP PKK harus menyinergikan program orgainisasi dengan program yang ada di skema pemerintahan.

” Untuk itu marilah kita bersama-sama menyukseskan Program-proram PKK dan berperan aktif dalam membantu Pemerintah Daerah untuk mewujudkan cita-cita pembangunan di Kab. Blitar,” ajaknya.

Diakhir sambutannya Bupati Blitar mengucapkan kepada pengurus TP-PKK yang baru dilantik, selamat bekerja dan bekarya semoga dengan dukungan TP-PKK, pembangunan di kabupaten Blitar akan lebih maju dan sejahtera sesuai dengan visinya.

(adv/kmf/didik).