Bupati Bolmut Terima Prosesi Adat Mopohabaru Idul Adha

READ.ID – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh, menerima prosesi Adat Mopohabaru dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1442 Hijriah, Tahun 2021 Masehi.

Kegiatan yang di pusatkan di Rumah Dinas Bupati Bolmut tersebut terpantau tetap menjalankan protokol kesehatan, menggunakan masker dan jaga jarak, Senin (12/07/2021).

Sebagaimana diketahui bahwa prosesi adat Mopohabaru adalah warisan adat dari kerajaan Kaidipang Besar yang sampai hari ini masi tetap di laksanakan bahkan di lestarikan.

Prosesi ini merupakan sebuah asimilasi dari Budaya dan Agama. Hal ini tercermin dalam ungkapan Ku Syara Gu Ku Adato.

Mopohabaru sering dilakukan oleh masyarakat Bolmut, yakni pelaksana adat dalam rangka memberitahukan kepada Pemerintah Daerah, dalam hal ini Bupati Bolmut atau dalam bahasa adatnya Kidoni Ombu Pangulu mengenai kapan pelaksanaan hari raya idul adha maupun idul fitri, dan juga menjelang Bulan Suci Ramadan.

Dalam prosesi adat tersebut, Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut, memberitahukan atau menyampaikan kabar kepada Bupati Bolmut, Kidoni Ombu Pangulu bahwa pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa 20 Juli 2021.

Disampaikan pula, dalam pelaksanaan hari raya Idul Adha tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

(SVG/Read)