Tanggal20/01/2020

Densus 88 Antiteror Tangkap 8 Terduga Teroris Jaringan JAD di Papua

Tangkap Terduga Teroris di Papua

READ.ID – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror tangkap 8 terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (11/12).

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Yakobus Marjuki mengungkapkan, 8 orang terduga teroris tersebut merupakan jaringan JAD yang berada di wilayah Lampung dan Medan).

“Hasil pemeriksaan dan penggeledahan ditemukan bom yang sudah dirakit oleh terduga teroris. kami masih akan melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut,” jelas Brigjen Pol. Yakobus.

Ia menegaskan, pihak Kepolisian telah mendeteksi dan memastikan jika ditemukan indikasi teroris, akan dilakukan penegakan hukum secara tegas. Pihaknya saat ini melakukan pengamanan ketat di Bumi Cendrawasih, pasca penangkapan teroris tersebut.

Pengamanan ketat ini juga di lakukan oleh Polda Papua menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua. Ia menyebutkan, ada 8.410 petugas dikerahkan dalam pengamanan PON yang terdiri dari polisi sebanyak 3.500 dan TNI sebanyak 4.250 TNI, Satpol PP sebanyak 600 personel, serta petugas Basarnas berjumlah 50 orang.

“Polda Papua sudah merencanakan upaya pengamanan ke sejumlah daerah yang diprediksi tingkat kerawanannya. Untuk itu personel dan pihak-pihak terkait, kita kerahkan untuk mengantisipasi ancaman yang ada, terutama untuk pengamanan PON itu sendiri,” ujar Yakobus.

Upaya pengamanan ini kata Wakapolda, untuk mengedepankan tindakan prefentif untuk menjaga wilayah harus aman dan kondusif. (Conten Writer)