Desa Wisata Bubohu Bongo Gorontalo Masuk 50 Besar

READ.ID – Desa Wisata Religius Bubohu yang berlokasi di Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, berhasil masuk 50 besar nominasi desa wisata terbaik.

Nominasi tersebut, merupakan kegiatan Anugerah Desa Disata Indonesia (ADWI) tahun 2021, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI).

Diketahui, Gorontalo merupakan satu di antara 3 Provinsi di Sulawesi, yang masuk dalam nominasi 50 desa terbaik itu. Dua lainnya, yakni Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, menuturkan, lebih dari 70.000 desa di Indonesia, terdapat 1.831 desa wisata dari 34 provinsi, mengikuti penganugerahaan desa terbaik ini.

“Rangkaian kegiatan ADWI 2021, sudah melalui beragam tahapan. Mulai dari kurasi, berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data melalui website Jadesta.com,” ungkap Sandiaga.

Proses kurasi, kata Sandiaga, yang tadinya dari 1.830 desa, menjadi 300 besar desa, lalu dikerucutkan menjadi 100 besar, dan hingga terpilih 50 besar desa wisata terbaik, desa wisata Indonesia bangkit.

“Selamat saya ucapkan kepada 50 desa wisata terbaik, jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untut terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas, dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” beber Sandiaga.

Bagi yang belum, ucapnya, jangan patah semangat, tetap tingkatkan inovasi, jangan lelah beradaptasi, dan perbanyak kolaborasi untuk mengembangkan desa wisata.

“Kemenparekraf berkomitmen untuk mengembangkan desa wisata di Indonesia. Data yang ada di laman jadesta.com akan dijadikan wadah sekaligus arah untuk menyusun rencana pengembangan desa wisata,” imbuhnya.

(SAS/Read)