Di Gorontalo, Baru 4 Rumah Sakit Memenuhi Standar Kelengkapan Data SPA

READ.ID,- Berdasarkan data yang dihimpun melalui Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dari 13 rumah sakit baru empat yang memenuhi standar kelengkapan data sarana prasarana dan alat kesehatan atau SPA.

“Saya harap ini bisa mejadi bahan masukan dan evaluasi dari masing-masing rumah sakit di Gorontalo, guna lebih melengkapi data SPA,” ucap Kepala Dikes Provinsi Gorontalo dr. Triyanto S. Bialangi Rabu (27/02) pagi tadi.

Empat rumah sakit yang dimaksud Triyanto, diantaranya RSUD Tani dan Nelayan dengan presentase SPA adalah 100 : 96.88 :40.17. Kemudian RSUD M.M Dunda dengan presentase SPA 82.27 : 80 : 52.09, selanjutnya RSUD Otanaha nilai presentase SPA 89.66 : 78.13 : 40.34. Terakhir RSUD Aloei Saboe dengan nilai presentase SPA 86.92 :77.5 : 40.28.

“Melalui data yang kami miliki, rumah sakit yang telah memenuhi standar kelengkapan data SPA, yakni sarana 50 persen, prasarana 20 persen dan alat kesehatan 30 persen,” terang Triyanto.

Melalui kegiatan pertemuan teknis pengelolaan SPA, dirinya berharap tatap muka yang menghadirkan narasumber dari Kemenkes RI ini bisa lebih memberikan pemahaman terhadap peserta.

“Khususnya dalam pengelolaan SPA yang baik, kemudian dapat melakukan evaluasi internal terhadap keberadaan SPA yang ada di masing-masing Rumah Sakit,” jelas Triyanto.

Tidak hanya itu tambahnya, peserta harus bisa melakukan update data ASPAK secara rill sesuai kondisi di rumah sakit. Namun tetap memperhaatikan klasifikasi SPA, sesuai Permenkes RI nomor 56 tahun 2014.

“Pemenuhan SPA sesuai standar, data ASPAK dijadikan acuan utama dalam hal pengusulan anggaran DAK melalui PBE atau aplikasi berbasis elektronik,” tutup Triyanto.****

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.