Dinas TPHP Gorontalo Utara Genjot Petani untuk Tanam Porang

READ.ID – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Gorontalo Utara, menggenjot petani untuk menanam porang.

Kepala Dinas TPHP Gorontalo Utara, Asrin Menu mengatakan, tanaman Porang saat ini memiliki nilai ekspor yang tinggi, sehingga baik untuk dibudidayakan.

“Sebab sekarang ini tanaman porang mempunyai nilai ekspor yang cukup inggi, sehingga bagi saya jika tanaman porang ini dibudidayakan dengan baik oleh masyarakat maka bisa menambah pendapatan mereka,” kata Asrin, Lamis (19/8/2021).

Asrin membeberkan, tanaman porang di Gorontalo Utara ini mempunyai karakteristik yang khas dibanding dengan porang yang tumbuh di daerah lain.

“Porang di Gorontalo Utara itu khusus, karena memiliki spesifik yang unik yakni berwarna orens, dan hanya ada satu satunya di Indonesia dan itu tumbuh di Gorut,” ungkapnya

Selanjutnya, Asrin mengungkapkan, tanaman porang di Gorontalo Utara ada dalam pengawasan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo, karena sementara dilakukan penelitian dan juga telah didaftarkan di Kementerian Pertanian RI.

“Ini dilakukan agar kita tidak kehilangan induknya, karena selama ini petani langsung menjualnya dan tidak melakukan pembibitan,” pungkasnya. (Adv/Nurhidayanti)