Dispar Gorontalo Kampanyekan Gerakan Toilet Bersih Bagi Pelaku Usaha Wisata di Kabupaten Boalemo

Dispar Kampanyekan Gerakan Toilet Bersih

READ.ID – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengawasan usaha pariwisata serta gerakan toilet bersih di cabana resto & resort Boalemo, Kamis (19/10/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Boalemo menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini di Kabupaten Boalemo dengan peserta adalah pelaku usaha pariwisata dari Boalemo dan Pohuwato.


banner 468x60

Fatlina mengatakan, dukungan terhadap gerakan toilet bersih ini, sejalan dengan program Pemda Boalemo mengkampanyekan toilet bersih pada rumah rumah makan dan hotel untuk menciptakan kenyamanan dan kebersihan ditempat usaha itu.

Pihaknya pun mengingatkan, agar para pelaku usaha yang telah memegang perizinan usaha, dapat melakukan pengelolaan lingkungan terutama limbah yang ditimbulkan agar tidak mencemari lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo diwakili Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Supriyatno Kusnadi menyatakan, sektor pariwisata memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi didaerah.

Oleh karena itu, kata Supriyanto, selain destinasi, maka pemerintah hadir dan memberi perhatian pada usaha sektor pariwisata dalam dalam meningkatkan pelayanan dari aspek kebersihan dan standarisasi usaha.

Ia menjelaskan, kegiatan pembinaan dan pengawasan usaha berbasis risiko menengah tinggi serta gerakan toilet bersih adalah wujud dari menciptakan iklim usaha yang memberi jaminan kepada konsumen dan wisatawan terhadap kebersihan, kesehatan, keamanan dan pelestarian lingkungan.

“Tentunya, pembinaan dan pengawasan usaha adalah cara pemerintah dalam mengendalikan dan mengawasi usaha, yang telah memperoleh NIB dan sertifikat standar agar menyelenggarakan usaha sektor pariwisata sesuai ketentuan yang berlaku”, tegasnya.

Ia menambahkan, gerakan toilet bersih sebagaimana telah dicanangkan beberapa hari lalu adalah sebuah gerakan yang nantinya bersifat masif baik direstoran rumah makan dan perhotelan yang dilakukan oleh pelaku usaha dan pengelola.

“Olehnya, pengunjung pun diharapkan menjadi gerakan masif perubahan perilaku terhadap kebersihan toilet”, pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60