DPRD Gorut Minta Pemda Serius Mengelola Program Pariwisata

Wisye Pangemanan

READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Wisye Pangemanan mendorong pemerintah daerah setempat dalam hal ini Dinas terkait untuk lebih serius dalam mengembangkan promosi sektor pariwisata agar menjadi sebuah program unggulan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

Menurutnya, bahwa untuk hal promosi sektor pariwisata, pihak dinas harus jelas programnya dan ada target yang terukur. Apalagi dengan adanya Badan Kerja sama Utara-utara (BKSU) yang telah menghasilkan beberapa kesepakatan dalam hal kerja sama sektor pariwisata.

“Jangan hanya program saja namun terhadap target capaian yang terukur untuk dicapai tidak ada,” kata Wisye saat dihubungi, Senin (27/9/2021).

Anggota Fraksi Golkar ini menyebut bahwa kabupaten Gorontalo Utara memiliki potensi wisata yang cukup banyak terutama untuk wisata alamnya.

“Sayangnya sampai saat ini terhadap keseriusan dalam pengelolaannya itu belum terlalu maksimal, sehingga dampak atau manfaat yang nyata baik bagi daerah dan masyarakat itu belum juga maksimal,” jelasnya.

Berkaca dari daerah lain yang ada di negeri ini kata Wisye, ada banyak daerah yang mengandalkan sektor wisata sebagai sumber utama Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dan ternyata itu sangat dirasakan tidak hanya bagi daerah namun juga bagi masyarakat yang ternyata dari sektor wisata dapat menghidupkan sektor lainnya,” tegas Wisye.

Untuk itu, Wisye berharap agar program yang terstruktur dan terukur harus maksimal dilaksanakan oleh pemerintah daerah Gorontalo Utara melalui dinas teknis.

“Lakukan evaluasi sampai sejauh mana capaian dan realisasinya dan juga manfaat yang ingin dicapai,” tandasnya. (Rully)