Eduart Laporkan Perkembangan UNG di Hadapan Presiden Jokowi

READ.ID – Rektor Dr. Ir. Eduart Wolok., ST., MT., IPM, menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan agenda Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam setahun terakhir, di hadapan Presiden RI Joko Widodo.

Hal itu berlangsung dalam agenda pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), di Solo, Jawa Tengah, Senin (13/9/2021). Pertemuan tersebut, dihadiri oleh 35 rektor perguruan tinggi Negeri se-Indonesia.

Salah satu poin yang disampaikan Eduart, adalah terkait perkembangan pemajuan kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara.

Eduart mengatakan, jika dalam perkembangannya setelah melapor agenda tersebut ke Presiden Jokowi di Istana Negara pada 18 Oktober 2020, dirinya telah menyelanggarakan Pre-Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini pada 12 Maret 2021.

Kegiatan itu, menghadirkan Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kemendes PDTT RI, Dirjen Bina Pembinaan Desa Kemendagri RI, dan Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT RI, dinas terkait dari 26 kabupaten/kota serta perwakilan kepala desa.

Eduart juga melaporkan setelah dilaksanakannya Pre Regional Meeting, UNG menjadi host pelaksanaan Regional Meeting pada 12-13 Juni 2021, yang melahirkan Deklarasi Pengembangan Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara.

“Disertai dengan penandatanganan Prasasti oleh 4 Gubernur dan 26 bupati/wali kota se-Teluk Tomini dan Maluku Utara,” kata Rektor UNG itu.

Menurut Eduart, Presiden Jokowi merespon positif perkembangan tersebut, dan berjanji akan segera menindaklanjuti aspirasi tersebut agar tujuan pembangunan kawasan Timur Indonesia bisa segera terwujud.

Terkait dengan hal tersebut, Presiden Jokowi meminta kepada Rektor UNG, untuk berkoordinasi melalui Menteri Sekretariat Negara, agar menindaklanjuti perumusan agenda pengembangan kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara, pada Executive Meeting yang rencananya akan dihadiri Presiden RI itu.

(SAS/Read)