Indra Yasin: Pemindahan Ibu Kota Negara Jadi Peluang Pariwisata bagi BKSU

Pariwisata BKSU

READ.ID – Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan, adanya rencana pemindahan Ibu Kota Negara, harus bisa dijadikan peluan di sektor Pariwisata bagi empat daerah Badan Kerja sama Utara-utara (BKSU).

Hal tersebut disampaikan Indra Yasin usai pertemuan BKSU dalam rangkaian Festival Pesona Saronde 2021, yang berlangsung di Pulau Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara.

Menurut Indra Yasin, jika ada Ibu Kota negara yang baru, maka itu akan memberikan peluang besar sektor Pariwisata, bagi empat kabupaten tergabung dalam BKSU, untuk bagaimana mempromosikan wisata yang ada di daerah.

“Secara geografis empat kabupaten ini, berada pada posisi berdekatan dengan Kalimantan,” kata Indra Yasin.

Sehingganya potensi ini cukup kuat untuk mengembangkan wisata di daerah di empat Kabupaten tergabung dalam BKSU.

Pihaknya berharap pengembangan wisata di empat daerah tergabung dalam kerja sama BKSU bisa berjalan dengan baik.

BKSU terdiri dari empat Kabupaten yaitu, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo, Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara, dan Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah.

BKSU sendiri mempunyai fungsi, yaitu melakukan koordinasi di bidang perencanaan ekonomi, sosial budaya kemasyarakatandi wilayah utara Sulawesi.

Meningkatkan kerjasama antara Daerah Kabupaten di wilayah utara Sulawesi dengan daerah lainnya tingkat regional, nasional serta internasional di bidang ekonomi, sosial budaya dan kemasyarakatan.

Mendorong kerjasama pembangunan ekonomi, sosial, budaya, kemasyarakatan, keamanan dengan pemerintah pusat.

Meningkatkan kerjasama ekonomi/investasi dengan negara-negara sahabat melalui misi kerjasama antar pemerintah daerah, pemerintah pusat atau antar pengusaha. (Rully)