Komitmen Tatget PGP Pekerjakan Karyawan Lokal Pohuwato Terpenuhi

Tatget PGP Pekerjakan Karyawan Lokal Pohuwato Terpenuhi

READ.ID – Pani Gold Project (PGP) telah memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato terkait serapan tenaga kerja di perusahaan. PGP jadi perusahaan pertama yang mendatangi kantor Disnakertrans memberikan klarifikasi serapan angkatan kerja.

Disampaikan Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Pohuwato, Arman Mohamad, PGP memaparkan progres perekrutan tenaga kerja. Dijelaskan bahwa perusahaan saat ini tengah merampungkan tahap konstruksi, hal yang membuat serapan tenaga kerja mengikuti kontrak berjangka.

“Disnakertrans mengundang langsung pihak perusahaan untuk memberikan klarifikasi dan data terbaru tentang bagaimana sesungguhnya penyerapan tenaga kerja perusahaan,”ungkapnya Rabu, (24/4/2024).

Sejatinya jelas Arman, PGP membuka lowongan kerja secara terbuka umum dengan prioritas skill mumpuni yang dibuktikan dengan sertifikat, sehingga siapapun pelamar dapat mengajukan diri diposisi yang dibutuhkan.

“Pertama fase pekerjaan sekarang itu masih konstruksi yang jelas tenaga kerja yang dibutuhkan pada sektor skil khusus dalam rangka membangun. Sebahagian tenaga kerja ketika dibuka lamaran secara umum itu peminatnya lebih banyak dan memenuhi syarat bukan dari Pohuwato,”tururnya

Kemudian kedua lanjut Arman, tenaga kerja sifatnya fluktuatif, menyesuaikan kontrak kerja. Namu demikian jika posisi tersebut masih dibutuhkan oleh perusahaan, tidak menutup kemungkinan akan dipanggil kembali.

“Mudah mudahan satu dua tahun kedepan dimana memasuki puncak produksi maka serapan tenaga kerja lebih banyak lagi,”ujarnya

Dibeberkan Arman, mengenai 60 persen tenaga kerja lokal yang disorot DPRD, PGP dipastikan telah memenuhi syarat tersebut. Selnjutnya, Pemkab Pohuwato juga akan memanggil perusahaan lainnya dalam waktu yang tidak disebutkan.

“Saat ini komposisi tenaga kerja sudah memenuhi persyaratan 60 persen. Ini baru satu perusahaan yang dipanggil, PGP. Disnakertrans juga akan melakukan hal yang sama untuk beberapa perusahaan lainnya,”terangnya

Sementara itu, Kurniawan Siswoko, External Affairs, PGP menegaskan, bahwa pihaknya berkomitmen dengan praktek penambangan yang baik. Untuk mendukung itu diperlukan tenaga kerja profesional dan berkompeten dibidangnya.

“Sebagai perusahaan tambang yang penuh tanggung jawab accountable, PGP akan selalu mengikuti ketentuan dan aturan yang berlaku dengan melaksanakan praktek pertambangan yang baik,”katnya

Kurniawan menambahkan, PGP selalu memperbaharui informasi perekrutan tenaga kerja melalui laporan yang disampaikan kepada Disnakertrans.

“Terkait rekrutmen karyawan, kami akan senantiasa memprioritaskan pekerja lokal untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan mendukung kemajuan ekonomi daerah,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version