Lakukan Kolaborasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo Jalin Kerjasama Dengan UNBITA

DKP Kota Gorontalo Kerjasama Dengan UNBITA

READ.ID – Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) menjalin kerjasama dengan Universitas Bina Taruna (UNBITA), dalam hal sistem kolaborasi. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan momerandum of understanding (MoU).

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo Siti Dahlia Syarif menjelaskan, bahwa salah satu poin penting perjanjian kerjasama antara pihaknya dengan UNBITA adalah sistem kolaborasi antara perpustakaan UNBITA dengan perpustakaan daerah.

Dikatakan Siti Dahlia, terdapat beberapa ruang lingkup yang menjadi perjanjian kerjasama antara kami dengan UBITA.

Diantaranya, yaitu pengembangan kompetensi pengelola perpustakaan, penguatan akses dan infrastruktur literasi informasi, dan pengembangan pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Dirinya pun menyatakan, kerjasama ini terkait dengan pertemuan ilmiah penelitian dan publikasi dalam bidang perpustakaan, dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan.

Lebih lanjut, ia menyebut terdapat empat fakultas dari pihak kampus yang menjalin bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo.

“Yaitu, fakultas adminstrasi ilmu sosial, fakultas hukum, fakultas teknik dan sains, dan program pascasarjana”, ungkap Dahlia.

Menurutnya, jika biasanya orang berfikir bahwa perpustakaan itu hanya tempat buku atau tempat baca tetapi perpustakaan itu sudah bertransformasi.
Sehingga, pihaknya dapat berkolaborasi dengan lembaga apa saja dengan memberikan literasi kepada lembaga yang mau bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Dengan begitu, pihaknya pun berharap layanan perpustakaan daerah yang belum lama ini telah melakukan pengembangan program perpustakaan di media sosial berbasis Inklusi, terus semakin meningkat.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version