Launching Desa Katialada Jadi Kampung Moderasi Beragama, Ini Pesan Bupati Gorut

Desa Katialada

READ.ID – Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengingatkan beberapa hal penting yang perlu untuk diterapkan dalam hal membangun sikap moderasi antar umat beragama.

Hal ini disampaikan Bupati Thariq Modanggu saat melaunching sekaligus meresmikan Desa Katialada, Kecamatan Kwandang sebagai percontohan kampung moderasi beragama, Rabu (26/7/2023).

“Moderasi itu adalah sikap moderat sikap pertengahan, tidak mengambil ekstrim kiri atau kanan. Artinya jalan ditengah,” ujar Thariq.

Kata Thariq dalam menanamkan sikap moderasi dimulai dari pikiran diwujudkan dalam sikap dan diimplementasikan dalam tindakan. Jadi mulai dari berfikirnya sudah moderat, sikapnya moderat tindakannya juga moderat.

Dalam membangun sikap moderat pertama yang perlu dilakukan adalah menghargai perbedaan dan juga terus meningkatkan pemahaman, melaksanakan nilai-nilai agama, membuka diri untuk berdialog serta tidak mudah untuk terprovokasi.

“Oleh sebab itu lima sikap ini yang kami minta khusus desa Katialada bersama-sama dengan kantor kementerian agama untuk membahas lebih jauh seperti apa tindaklanjut dari kegiatan-kegiatan yang ada di kampung moderasi beragama,” terangnya.

Pada dasarnya, Thariq menyampaikan bahwa pihaknya pemerintah mendukung sepenuhnya program-program yang nantinya akan dicanangkan bersama oleh kantor kementerian agama dan juga segenap pemerintah desa Katialada.

“Oleh sebab itu kita rawat, kita jaga perbedaan ini menjadi satu potensi, satu keunggulan bersama untuk kemajuan Gorontalo Utara kedepannya,” tukasnya.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version