Lulusan UI Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ini Rincian Gaji Fresh Graduate Menurut BPS

READ.ID,- Belakangan jagat maya sedang ramai membicarakan tentang seorang lulusan baru Universitas Indonesia (UI) yang menolak tawaran sebesar Rp 8 juta gaji dari sebuah perusahaan.
Keramaian ini berawal dari postingan salah satu akun instagram milik salah seorang yang diduga lulusan baru Universitas Indonesia. Dalam postingan instastory nya ia menolak gaji Rp 8 juta dengan dalih ia tidak mau disamakan dengan lulusan dari dari universitas lain. Tak ayal, postingan tersebut kini ramai jadi perbincangan di beberapa linimasa media sosial, bahkan tagar #gaji8juta menjadi yang teratas di trending topic twitter.
Menanggapi hal ini mungkin banyak yang ingin tahu berapa sebenarnya gaji fresh graduate di Indonesia?
Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Agustus 2018 merilis survei rata-rata gaji karyawan di Indonesia berdasarkan kelompok umur. Namun data tersebut telah diperbaharui pada bulan Maret 2019.
Hasilnya, rata-rata gaji bersih seorang karyawan pada kelompok umur 20-24 thaun hanya Rp 2.240.116 per bulan. Asumsinya, dikelompok inilah fresh graduate seperti lulusan UI yang menolak gaji Rp 8 juta itu berada.
Untuk kategori gaji tertinggi sesuai dengan data BPS adalah jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan. Rata-rata gaji bersih untuk jenis pekerjaan tersebut adalah Rp 3.327.742 per bulan, dengan selisih sekitar Rp 1,1 juta dibandingkan dengan gaji dari kelompok umur 20-24 tahun.
Sementara untuk rata-rata gaji bersih dengan nominal terendah diterima oleh fresh graduate yang bekerja sebagai tenaga profesional, teknis, dan yang sejenis lainnya. Gaji yang diterima oleh pekerjaan jenis ini sebesar Rp 1.701.183 per bulannya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *