Masyarakat Diminta Siaga Antisipasi Gelombang Baru Covid-19

Covid-19

READ.IDVarian Omicron BA.4 dan BA.5 telah menyusup ke Indonesia, Transmisi lokal terjadi dan mengancam masyarakat Indonesia.

Subvarian baru Covid-19 BA.4 dan BA.5, yang lahir dari klan Omicron, telah menyelinap masuk dan bergentayangan di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan bahwa per 13 Juni 2022 telah terkonfirmasi delapan pasien di Indonesia yang terinfeksi kedua subvarian itu. Transmisi lokal dipastikan telah terjadi.

‘’Seperti sering saya kemukakan, kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini besar kemungkinan disebabkan oleh munculnya varian baru,’’ tutur Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers Senin (13/6/2022) di Jakarta. Ia mengesampingkan kenaikan kasus baru di Indonesia itu akibat mobilitas tinggi masyarakat selama mudik Lebaran akhir April hingga awal Mei lalu.

Dari delapan kasus BA.4 dan BA.5 itu, empat di antaranya ditemukan di Jakarta lewat pemeriksaan genome sequencing (penurutan genomik) yang dilakukan secara purposive sampling, atas pasien Covid-19. Mereka dipastikan telah dijangkiti akibat transmisi lokal.

Tiga penderita lainnya ialah warga asing dari Amerika, Brazil, dan Kepulauan Maurutius (Afrika Timur) yang menjadi delegasi konferensi Global Platform for Disaster Risk Reduction (23–28 Mei 2022) di Nusa Dua Bali. Dari acara di Bali itu, seorang tenaga medis asal Jakarta yang bertugas mengawal event internasional tersebut dipastikan tertular peserta dari luar negeri.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60