Menuju Daerah Digital, Pemkab Bone Bolango Sosialisasikan Jaring Desa

Jaring Desa

READ.ID – Menuju Kabupaten digital, Pemerintah kabupaten Bone Bolango mulai sosialisasikan program Jaring Desa (pembangunan infrastruktur internet) untuk seluruh camat dan kepala desa, sebagai salah satu program populis HPMU (Hamim Pou – Merlan Uloli) yaitu internet gratis/wifi gratis untuk masyarakat Bone Bolango. Selasa (9/11/2021)

Merlan Uloli, wakil bupati Bone Bolango mengungkapkan saat ini terdapat beberapa titik yang telah terpasang dengan menghabiskan anggaran kurang lebih mencapai satu miliar, dan masih banyak titik-titik antrian bermohon untuk perlu dipasangkan.

Ia menjelaskan dengan adanya program jaring desa ini akan lebih menguntungkan bagi desa dan kecamatan yang menggunakan jaringan internet, karena jaring desa menurutnya akan lebih murah dan mempermudah segala aktivitas masyarakat dibandingkan dengan internet yang biasa digunakan dan terbilang cukup mahal.

“Saya berharap apa yang nanti yang menjadi tawaran dari jaring desa, ini tidak hanya awal manis tapi kita wujudkan itu sampai dengan kerjasama yang baik yang sesuai harapan kita di Bone Bolango yaitu menjadi kabupaten digital,” ujar Merlan Uloli

Selanjutnya, Merlan Uloli menuturkan berbicara mengenai digital, tentu tidak akan lepas dari wi-fi internet dan lain sebagainya, sedangkan seluruh pelayanan-pelayanan yang sekarang mulai di inovasikan oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) semuanya bermuara pada Internet.

“Misalnya dari dinas dukcapil bagaimana sebuah desa bisa mencetak dokumen kependudukan tapi halangannya adalah jaringan internet itu sendiri, ini tentunya menuju kota digital tidak hanya internetnya tetapi sumber daya manusianya juga yaitu aparat Kecamatan dan desa juga harus berbenah, harus ikut menyesuaikan,” tegas Merlan Uloli

Menurutnya jika ingin mencapai Kabupaten digital, sumber daya manusia juga harus perlu lebih dibenahi, jika tidak akan percuma.

“Bone Bolango jadi kota digital Ini, harus diwujudkan, sebelum masa jabatan saya dan pak hamim selesai. Maka dari itu pihak penyedia jaringan desa ini kami hadirkan di akhir tahun sehingga pada awal tahun depan akan diprogramkan dari Dana desa,” pungkasnya

Baca Berita Kami Lainnya di GOOGLE NEWS

pahlawan